Tanamkan Jiwa Nasionalis dan Cinta Tanah Air Kepada CPNS, Dandim 0833 Gelar Pelatihan

0
82

PolitikaMalang – Tanamkan Jiwa Nasionalis dan cinta Tanah Air, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT menjadi narasumber
pada Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Periode III Kemenkeu Tahun Anggaran 2019.

Pelatihan Mental yang bertajuk Analisis Isu Kontemporer (Radikalisme/Terorisme) ini digelar di Kantor Balai Diklat Keuangan Malang (BDK) Jl. A Yani Utara No. 200, Blimbing Kota Malang. (15/4/2019).

Kedatangan Dandim 0833 disambut oleh Kepala Balai Diklat Keuangan ( BKD ) Malang Baihaki, SE., M.Si. Selain untuk memberikan semangat Bela Negara dan Cinta terhadap Tanah Air.

Pemberian materi ini bertujuan untuk memberikan kemampuan berpikir kritis dengan mengidentifikasi dan menganalisis isu-isu kritikal melalui isu-isu startegis kontemporer yang dapat menjadi pemicu munculnya perubahan lingkungan strategis dan berdampak terhadap kinerja birokrasi secara umum dan secara khusus berdampak pada pelaksanaan tugas jabatan sebagai PNS pelayan masyarakat.

Dalam memberikan materinya Dandim 0833 menyampaikan bahwa kita harus ketahui tentang bahaya dan bentuk – bentuk radikalisme/terorisme muncul karena ketidaktahuan akan ajaran Agama yang sebenarnya, bisa juga muncul karena semangat berlebihan dalam mengamalkan ajaran Agama, keliru menilai prilaku umat beragama dan adanya pengaruh dari luar negeri.

Tidak hanya itu, Tommy Anderson juga mengingatkan agar berhati hati dalam penggunaan Media sosial (Medsos).

“kita juga harus berhati-hati karena penyebaran faham radikalisme/terorisme dapat disebarkan melalui medsos jadi kita harus bisa memahami jangan sampai terpengaruh dan masuk kedalamnya ,” pesan Dandim.

Lebih lanjut Dandim 0833 juga memberikan pemaham bagaimana upaya-upaya dalam menangkal Radikalisme/terorisme kepada para peserta pelatihan.

Dandim menekankan agar selalu Mempererat silaturahmi dengan Ulama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.

Belajar kepada Guru /Buku refrensi yang mengajarkan nilai2 agama yang rahmatan lilalamin, moderat dan toleran.

Memilih organisasi keagamaan yang tidak menolak Pancasila. Dan Jangan melupakan sejarah berdirinya NKRI.

Kenali lingkungan sekitar rumah tempat tinggal dan laporkan kepada RT/RW/Lurah/TNI/Polri apabila ada kecurigaan terhadap orang yang menyebarkan radilalisme dengan harapan dapat segera di ketahui apabila muncul faham dan aqidah yang menyimpang serta deteksi dini dan cegah dini untuk menangkal terjadinya Radikalisme/terorisme,” tegas Dandim 0833.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu