Angkat Potensi Lokal, Durian Jadi Ikon Ngantang

0
82

PolitikaMalang – Untuk pertama kali, Bazar Durian ini digelar di Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Bupati Malang Drs HM Sanusi MM bersama istri yang juga selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, Hj Anis Zaida Sanusi, hadir pada acara pembukaan yang diadakan pada Minggu (1/3) siang. Rombongan Bupati Malang mendapatkan sambutan yang sangat meriah dari warga yang memadati lokasi sejak pagi, nampak warga ingin sekali berfoto dan bersalaman dengan pria yang akrab disapa Abah Sanusi.

Ketua Panita penyelenggaraan kegiatan ini, Pak Karji dalam laporan menyampaikan, Kegiatan bazar durian dan bibit buah ini bertujuan, untuk Mengangkat /menguatkan kembali potensi durian ngantang yang salah satunya berada di wilayah Desa Jombok. Dengan harapan, melalui sebuah event ini, agar dapat dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan ini juga untuk mengangkat ekonomi masyarakat, dimana masyarakat tidak hanya menjual buah durian tapi juga bibit durian dan aneka olahannya, baik makanan dan minuman dari buah durian. 

“Terima kasih juga kami sampaikan, tadi Bapak Bupati telah berkenan memberikan nama pada pohon durian di dusun kami yang telah berusia lebih dari 70 tahun, dimana buah durian tersebut memiliki rasa yang istimewa dan pohon tersebutlah yang kedepan akan kita kembangkan bibitnya sebagai salah satu durian unggulan di Desa Jombok pada khususnya dan kecamatan ngantang Pada umumnya, ” terangnya.

Sementara itu, Bupati Malang dalam sambutannya mengatakan, agar pohon – pohon durian  yang memiliki buah yang sangat bagus harus terus dijaga dan dilestarikan. Terkait dengan kegiatan ini, Pak Sanusi memberikan apresiasi dan berharap kedepannya agar untuk bisa lebih dikembangkan lagi. ” Pemerintah Kabupaten Malang sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, maka dari itu pemkab akan berupaya untuk membantu apa saja yang diperlukan dalam mengembangkan potensi, khususnya dalam hal ini yang ada di Desa Jombok. ” Tegasnya.

Lanjutnya, Pak Sanusi juga menginginkan, durian ini dapat menjadi ikon bagi Kecamatan Ngantang. Pak Sanusi memerintahkan kepada dinas terkait, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP), juga Dinas Bina Marga. Untuk dapat memberikan dukungannya, dalam menjadikan durian ini dapat dikenalkan.

“Pemkab akan membantu memberikan akses penerangan di 10 titik yang ada di jalan desa ini. Untuk akses jalan, kita juga akan perhatian betul. Kami juga akan menyiapkan lahan seluas 15 Hektar, yang nantinya akan kita tanam durian yang bibitnya nanti diambil dari Dusun Kasin ini. Kedepannya, kita berharap agar even ini agar dikembangkan lagi. Sehingga terjadi peningkatan perekonomian di masyarakat, khususnya di Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, dan Kabupaten Malang umumnya.” Ucapnya.

Untuk diketahui, pengembangan dan penjualan bibit durian, pada tahun Ini telah mencapai Omzet lebih dari 3M per tahun.
Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemberian bantuan bibit, dan tak lupa Bupati Malang berserta Ketua TPPKK Kabupaten Malang berkesempatan membuka durian sekaligus mencicipi kenikmatan duren khas Desa Jombok. Hadir pada acara tersebut, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) terkait, Muspika Ngantang serta tak ketinggalan 35 peserta yang turut meramaikan even tersebut.