Antisipasi Covid-19, PCNU Kabupaten Malang Edukasi Protokol Kesehatan Sekolah

POLITIKAMALANG – Masa New Normal di tengah Pandemi Covid-19, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 PCNU Kabupaten Malang, fokus menjalankan edukasi protokol untuk sekolah, madrasah dan pesantren yang ada di Kabupaten Malang. Selain itu, bisa melaksanakan rapid test jika ada wilayah yang sangat membutuhkan dan dinilai zona merah.

Hal itu disampaikan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 PCNU Kabupaten Malang, H Ode Saeni Al Idrus, Junat (26/6/2020).

“Masa New Normal, kita fokus edukasi protokol kesehatan untuk sekolah, madrasah dan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Malang,” jelas Ode Saeni.

Ada beberapa hasil rapat yang sudah diputuskan. Diantaranya, program tim gusgas covid-19 untuk New Normal, Edukasi Protokol untuk sekolah, Edukasi Protokol untuk Madrasah dan Pondok Pesantren.

“Nanti juga akan ada nomor Crisis Center untuk masyarakat. Dan masing-masing lembaga yang menaungi lembaga pendidikan, pesantren dan lainnya, membuat protokol kesehatan sesuai kondisi yang ada,” terangnya.

Masing-masing lembaga tambahnya, juga akan merumuskan program-program yang akan dijalankan selama new normal oleh masing-masing lembaga. Hal itu yang akan dijalankan selama new normal di masa pandemi ini.

“Satuan tugas sangat membutuhkan beberapa alat kelengkapan untuk menjalankan programnya. Misalnya, alat Termogun, Handsanitizer, masker dan APD,” katanya.

Dijetahui, PCNU Kabupaten Malang bersama Satgas Covid NU Malang Raya sudah banyak menjalankan program yang langsung ke masyarakat. Seperti melakukan rapid test ke beberapa pasar, sekolah, madrasah dan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Malang.

Sudah beberapa lokasi melakukan simulasi protokol kesehatan untuk kembali santri ke pondok pesantren. Begitu juga simulasi ke sekolah dan madrasah dibawah naungan Nahdlatul Ulama yang ada di Kabupaten Malang.

Pembagian masker untuk jemaah shalat Jumat juga terus dijalankan oleh Satgas Covid-19 PCNU Kabupaten Malang. Terutama di masjid yang dinilai rawan dan masuk zona merah. Seluruh jemaah shalat Jumat wajib menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan sebelum masuk ke masjid. Sekolah, madrasah dan pondok pesantren diharapkan menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga :   Pastikan Penanganan Covid-19, Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Malang

Leave a Reply