Bantuan Dana Bidik Misi di UB Rp, 6,3 Juta/Semester/Orang

0
50

PolitikaMalang – Setiap enam bulan sekali UB menyalurkan bantuan Rp 6,3 juta untuk setiap mahasiswa bidik misi.

Jadi bantuan pendidikan yang diberikan pemerintah kepada mahasiswa bidik misi setiap tahunnya sebesar Rp 12,6 juta per orang.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Brawijaya (UB), Drs Slamet Kusnady, MSi menyampaikan bahwa anggaran Rp 12,6 juta tersebut diberikan setiap 6 bulan sekali kepada mahasiswa.

“Per semester bantuan bidik misi sebanyak Rp. 6,3 juta,” kata Slamet Kusnady, dalam gelaran sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2019 di UB, Rabu (13/02/2019).

Menurut Kusnady, anggaran Rp 6,3 juta tersebut diperuntukkan untuk keperluan biaya hidup mahasiswa dan biaya pendidikan. Untuk biaya pendidikan akan dikelola oleh perguruan tinggi, sementara biaya hidup ditransfer langsung ke rekening mahasiswa.

“Anggaran Rp. 2,4 juta diberikan ke perguruan tinggi, untuk mahasiswa Rp. 3,9 juta,” katanya.

Lebih lanjut Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Brawijaya (UB) ini menyampaikan, anggaran Rp 3,9 juta tersebut tidak serta merta diberikan sekaligus. Melainkan dibagi merata setiap bulannya. “Nanti diberikan Rp 650 ribu per bulan,” singkatnya.

Perlu diketahui, sesuai aturan yang telah ditetapkan, mahasiswa yang berhak mendapatkan bantuan bidik misi adalah mahasiswa dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. “Jadi jalur mandiri tidak mendapatkan bidik misi,” tambahnya.

Syarat bagi mahasiswa mendaftar bidik misi adalah mahasiswa yang pendapatan gabungan orangtua/wali maksimal Rp 4 juta per bulan.

Tak hanya itu, Kusnady juga mengingatkan, dana bidik misi yang diberikan tersebut bukan untuk meng-handle semua kebutuhan mahasiswa dibidang kesarjanaannya. “Jadi ini hanya berupa bantuan,” pungkas Kusnady.” (*)

Pewarta : Djoko Winahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here