Bea Cukai Malang Musnahkan Ratusan Barang Ilegal Hasil Penindakan Tahun 2017-2018

0
48

POLITIKA MALANG – Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, M. PICT bersama unsur Forpimda menghadiri acara Pemusnahan barang kena cukai ilegal hasil penindakan tahun 2017-2018 dan coffe morning Halal bi Halal.

Kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Malang KaKanwil Bea Cukai Jatim Agus Hermawan, Dandim 0833 Letkol Inf Tommy Anderson, M. PICT, Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, S.I.K, M.H, Kepala Kantor KPP Pratama Singosari Nanang hidayat, KPKNL Malang Asep, Ka. KPP Batu. Dwi Ismurdiono, Ka. Kesbangpol Kota Batu bpk. Drs. Sanyoto widayat. M.AP, PT. Pos Malang Richmanole ta dan sejumlah undangan lain ini digelar di Kantor Bea Cukai Malang Jln. Surabaya No. 2 Kec. Lowokwaru Kota Malang. Selasa (25/06/2019).

Bea Cukai di berbagai daerah, serentak melakukan pemusnahan barang-barang hasil penindakan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai untuk melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal yang membahayakan.

Pemusnahan tersebut juga dilakukan untuk menghilangkan nilai guna dan menghindari penyalahgunaan atas barang-barang tersebut.

“Kami mengharapkan partisipasi dan koordinasi dari semua pihak, baik masyarakat maupun institusi penegak hukum terkait untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap peredaran barang kena cukai hasil tembakau/rokok, minuman mengandung etil alcohol, serta barang-barang yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya,” tegas Kepala Kantor Bea Cukai Malang Rudy Hery Kurniawan.

Atas pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan dan Undang-Undang 39 Tahun 2007 tentang Cukai, Kementerian Keuangan melalui Bea Cukai Bengkalis berperan mengamankan penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai, sektor industri dalam negeri, dan kesehatan masyarakat.

Barang-barang tersebut, lanjutnya berasal dari pihak pihak yang tidak mematuhi peraturan dan jika barang tersebut lolos dan dapat menimbulkan kerugian materil dan kerugian inmateril, seperti kerusakan lingkungan dan mengganggu kesehatan serta terancamnya stabilitas pasar dalam negeri.

Hal Senada disampaikan Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT mengapresiasi dan mendukung penindakan oleh Bea Cukai Malang dan mengharapkan kerjasama serta koordinasi antar instansi terkait dapat ditingkatkan dalam menekan banyaknya barang-barang ilegal yang ada di wilayah Kota Malang.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu