Begini cara Dandim 0833 Kota Malang Tangkal  Radikalisme dan Separatisme

0
61

Politikamalang – Komandan Kodim (Dandim) 0833/Kota Malang, Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT membuka secara langsung kegiatan Komunikasi Sosial Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme di wilayah Kodim 0833, bertempat di Aula Makodim 0833 Jl. Kahuripan No.6 Kota Malang. Jum’at (19/07/2019).

Tema komunikasi Sosial kali ini ” Melalui kegiatan pembinaan Komsos cegah tangkal radikalisme/separatisme” kita perkokoh netralitas dan pemahaman idiologi Pancasila guna mencegah ancaman bahaya Radikalisme/separatisme.
dalam Rangka mewujudkan alat juang pertahanan yang tangguh.

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 0833 menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis di antara kita sehingga dapat diperoleh kesamaan pandangan dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi untuk Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme guna terpeliharanya keharmonisan dan sinergitas.

“Kebersamaan seperti ini perlu kita tumbuh suburkan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan yang sangat diperlukan guna menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terutama di wilayah Kota Malang,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa sasaran utama dari penyebaran Radikalisme/Separatisme adalah kelompok masyarakat yang masih muda yang masih dipenuhi idealisme sehingga mudah untuk disusupi paham-paham yang bertentangan dengan Pancasila, sehingga sangat penting bagi generasi muda untuk memahami Radikalisme/Separatisme dan wawasan kebangsaan.

Hal itulah yang harus dipahami betul generasi muda sekarang. Karena maju mundurnya suatu bangsa berada di tangan pemuda.

“Setelah mengikuti kegiatan ini bisa membawa misi juga untuk menyampaikan pesan kepada rekan-rekan bahwa bahaya radikalisme/separatisme ini nyata dan ada disekeliling kita, sehingga kita harus betul-betul waspada dan apabila ada indikasi paham-paham radikal ini lalu tumbuh dan berkembang di sekeliling kita di lingkungan sekolah, di lingkungan kampus maupun di lingkungan masyarakat secara umum segera untuk memberikan informasi ataupun laporan kepada TNI maupun Polri yang ada di wilayah baik Babinsa maupun Babinkamtibmas, sehingga kami sebagai aparat keamanan mengetahui dan bisa mengantisipasi agar paham-paham radikal/separatis ini tidak lalu memiliki wujud ataupun kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan kita semua,” tegas Dandim 0833.

Kondisi Kota Malang yang sangat luarbiasa kondusif ini adalah hal yang patut dibanggakan tetapi juga harus dijaga secara bersama-sama, sehingga kondusifitas wilayah Kota Malang tetap terjaga.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu