Begini Cara Gus Hisa Al Ayubi Memakmurkan Masjid Baitul Makmur

0
135

PolitikaMalang – Kondisi Masjid Baitul Makmur di kawasan Bareng kartini gang 3/G kelurahan Kauman Malang tak beda jauh dengan masjid-masjid lainnya.

Dibalik bangunan masjid sederhana warisan H.M Socheh Ansori ini ternyata sibelakangnya terdapat 21 kamar untuk menginap santri.

Pewaris Masjid Baitul Makmur, Hisa Al Ayyubi yang biasa di panggil Gus Is ini menyampaikan, untuk memakmurkan masjid peninggalan orang tunya itu, berbagai upaya untuk meramaikan masjid di gelarlah berbagai kegiatan sosial dan religius. Kegiatan Sholat lima waktu masjid yang awalnya sedikit kini mulai penuh.

Kepada Politikamalang, Pengasuh pondok Baitul Makmur ini menceritakan awalmula berdirinya pondok.

“Masjid ini dulu berupa mushollah dan almarhum H.M SOCHEH ANSORI orang tua saya beli 4 rumah di sebelah kanan kiri musholla untuk di buat masjid, aula dan pondok pesantren 21 kamar. Sepeningal orang tua saya ini, saya di amanahi keluarga untuk meneruskan perjuangan abah,” awal cerita Gus Is mantan wartawan stasiun televisi di Batu.

Setelah dipegang Gus Is (Hisa Al Ayyubi) kegiatan di Masjid Baitul Makmur full kegiatan, mulai dari sholat 5 waktu, ngaji iqro anak anak, ada rutinan taklim, dzikir dan sholawat bakda maghrib setiap hari selasa, rabo, kamis dan jumat.

“Khusus Hari Jum’at, untuk jumat legi rutin ada kegiatan santunan anak yatim piatu, setiap jumat pahing menyantuni 56 janda dan dhuafa,” ungkapnya.

Yang menarik dan bisa menyedot ratusan jamaah Jum’at, ada kegiatan sedekah di Jumat Barokah. Dimana pada hari Jum’at itu, berbagi makanan dan minuman bakda sholat Jumat bersama anak-anak dan Jamaah Masjid Baitul Makmur jl Bareng kartini gang 3/G kelurahan kauman Malang.

“Jumat barokah jamaah menyumbang berupa nasi bungkus, kue, beras, kopi, teh, air mineral juga ada yg shodaqoh uang,” tambahnya.

“Satu sedekah yang tulus sama dengan seribu langkah menuju surga,” ucap Gus is sambil mengucapkan terima kasihnya kepada para dermawan yang telah ikut berpartisipasi dan shodaqoh dalam program “JUMAT BAROKAH” semoga Alloh SWT membalas kebaikan panjenengan semua dengan balasan pahala yang melimpah, selalu di beri sehat dan selalu di limpahi rejeki yg luas lancar dan Barokah Aamiiin Ya Robbal Alamiiinnn

Jum’at Malam (15/2/2919) kegiatan rutinan jumat legi “DZIKIR DAN SANTUNAN YATIM PIATU” setelah maghrib bersama warga setempat dan para donatur
berbagi santunan anak anak yatim piatu di Masjid Baitul Makmur.”

Alhamdulillah bisa bergembira dan menyenangkan anak2 yg aktif sholat berjamaah di Masjid setiap hari jumat bakda sholat maghrib jelang di mulai Rutinan Dzikir Rotibul Haddad dan Rutin setiap JUMAT LEGI bersama Jamaah masjid dan Masyarakat Menyantuni anak2 yatim piatu di Masjid Baitul Makmur jl bareng kartini gang 3/G kelurahan kauman kota malang.

“Mari kita bahagiakan, kita gembirakan dan kita senangkan anak anak yatim piatu dengan shodaqoh menyantuninya,” pungkas pengasuh pesantren Baitul Makmur yang saat ini menggeluti bisnis online aneka Kopyah blangkon batik .

Pewarta : Djoko Winahyu