Begini Cara Ridwan Hisjam Diskusi Sambil Ngopi Bareng Wartawan

0
204

PolitikaMalang – Hubungan dan keakraban Wakil Rakyat dari salah satu Politisi Partai Golongan Karya ( Golkar )dengan para awak media atau Wartawan ini tak diragukan lagi.

Seperti Sabtu Malam (9/2/2019) Ir. H. M.
Ridwan Hisjam ngajak beberapa wartawan ngopi Bareng.

Dalam bincang bincang santai, Ridwan Hisjam banyak bicara terkait tantangan pers saat ini.

Menurut Hisjam, dasar hukum mengenai pers sebagaimana termaktub dalam Undang-Undang (UU) nomor 40 tentang pers dianggap tidak lagi menjawab tantangan zaman.

Wakil Ketua Komisi VII DPRI, Ridwan Hisjam menyampaikan UU tentang pers harusnya direvisi.

“Itu sudah hampir 20 tahun, saatnya dirubah,” kata Riswan Hisjam saat ditemui di Caffe Phoenam Malang, Sabtu (09/02/2019) malam.

Alasan dilakukannya revisi UU lanjutnya, disebabkan karena media saat ini dihadapkan dengan industri bisnis dan tantangan revolusi industri 4.0.

“Harus direvisi disesuaikan dengan perubahan zaman. Karena sekarang sudah masuk ke era bisnis, bagaimana media itu harus hidup,” tegasnya

Tak hanya itu, munculnya media sosial juga menjadi tantangan tersendiri bagi pers. Informasi yang diberikan oleh media, cendrung lebih lambat dari informasi yang disebarkan melalui media sosial.

Oleh karenanya, dengan adanya revisi UU tentang pers diharapkan mampu meningkatkan lagi ketajaman dan kualitas pers dalam pemberitaan dan atau selalu mengedepankan konfirmasi.

“Kalau gak, pers malah sama dengan penyebar hoax,” tukasnya.

Diakhir ngobrol tak lupa Ridwan Hisjam mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional, yang memang bertepatan dengan Hari Pers Nasional 9 Februari 2019(*)

Pewarta : Djoko Winahyu