Bersama Plt Bupati Malang, Gus Ali Kunjungi Korban Puting Beliung di Pakis

0
130

PolitikaMalang – Hujan perdana yang cukup deras disertai angin puting beliung yang mengguyur wilayah Malang Timur, Selasa (23/10/2018) sore mengakibatkan puluhan rumah di Rt 10 s/d 15 Rw 4 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, rusak. Tercatat ada 88 rumah mengalami rusak ringan dan 6 mengalami rusak berat.

“Tadi sekitar pukul 15.22 WIB, hujannya cukup deras dan ada angin kencang hingga merusak rumah warga. Beberapa atap rumah warga baik yang terbuat dari genting dan seng beterbangan,” kata Camat Pakis, Firmando Hasiholan Matondang ketika ditemui awak media

Lanjut Firmando, enam rumah rusak parah khususnya di bagian atap rumah dan membutuhkan bantuan berupa terpal untuk menutup atap rumah.

Selain di wilayah Sekarpuro, rumah rusak terdampak puting beliung berada di empat lokasi lainnya. Terdiri dari Dusun Wates,  Desa Wonomulyo, Kecamatan Poncokusumo, Desa Ampeldento, Kecamatan Pakis, Desa Bokor serta Desa Pulungdowo di Kecamatan Tumpang.

Hasil pendataan atau assement tim Tagana Kabupaten Malang sampai pukul 21.00 wib, korban material rumah Rusak Berat (RB) = 11 rumah, Rusak Sedang (RS) = 7 rumah, & Rusak Ringan (RR) = 104 rumah dengan total 122 rumah terdampak puting beliung disertai hujan deras.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Alhidayah Karangploso, Ali Ahmad tergerak hatinya untuk langsung memantau kondisi warga. Selang beberapa jam setelah kejadian, Gus Ali sapaan akrabnya langsung turun memantau kondisi warga di wilayah Rt 10 s/d 15 Rw 4 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Rabu (24/10/2018) pagi, dimana ada 12 rumah ada 88 rumah mengalami rusak ringan dan 6 mengalami rusak berat.

Pria yang juga pembina Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Malang Raya itu bahkan langsung ambil sikap dengan memberi bantuan sembako kepada warga, salah satunya Mbah Ngatemi, nenek berusia 90 tahun.

“Alhamdulillah kondisi beliau baik. Rencananya hari ini juga akan dilaksanakan program bedah rumah bantuan dari pemerintah Kabupaten Malang untuk memperbaiki rumah beliau yang rusak, semoga bermanfaat. Sehat terus nggih Mbah,” kata Gus Ali yang diamini oleh Mbah Ngatemi.

Tak lupa pula, ketua DPC PKB Kabupaten Malang itu meminta korban agar tetap sabar dan optimis.

“Ya, mudah-mudahan bisa sedikit nya membantu meringankan beban warga. Kita semua tentu berharap kejadian serupa tak terjadi lagi,” tukas Calon Anggota DPR RI dapil Malang Raya ini.

Gus Ali juga mendorong semua pihak terutama masyarakat untuk ikut bergotong royong membantu korban yang terdampak bencana. Ia berharap, masyarakat turut meningkatkan kewaspadaan mengingat musim pancaroba yang mengakibatkan cuaca ekstrim diprediksi masih akan terjadi dalam beberapa minggu kedepan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here