BLT Dana Desa di Kabupaten Malang Akhirnya Cair

PolitikaMalang – Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M bersama Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Soebroto menghadiri acara penyerahan secara simbolis BLT-DD dan vidio conference dengan Ibu Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si di Kantor Desa Tunjungtirto Kecamatan Singosari, Selasa (19/7) siang. Program BLT-DD merupakan Program dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

BLT-DD diberikan kepada Keluarga Miskin yang belum dapat atau belum ter-cover oleh bantuan BPNT, PKH, Pra Kerja dan Bansos Tunai lainnya, serta mempunyai Keluarga yang Rentan Sakit Menahun/Kronis. Wilayah Kabupaten Malang yang sudah melakukan Musdes Khusus Validasi, Finalisasi dan Penetapan Calon Penerima BLT-DD sebanyak 307 Desa. Sedangkan yang belum melaksanakan Musdes Khusus sebanyak 71 Desa. Sementara, dari 378 desa yang ada di Kabupaten Malang, baru 17 Desa yang telah menyalurkan BLT-DD ini dengan sasaran sebanyak 2.311 KPM, dengan nilai sebesar 1 Miliar  386 Juta 600 Ribu Rupiah.

“Dalam kondisi seperti ini saling berbagi, memberikan perhatian dan atensi menjadi penting,saat bersama-sama dalam menghadapi Covid-19 yang harus dilakukan adalah saling menjadi diri kita,keluarga kita agar tetap terlindungi, orang lain pun juga akan terlindungi dan sehat. Mudah-mudahan semua bisa memberikan manfaat dan berkah bagi kita semua” ujar Gubernur Jawa Timur.

Masyarakat Kabupaten Malang mendapatkan Bantuan Sosial dari Provinsi Jawa Timur untuk 4.538 KPM sasaran di kelurahan dan bantuan pangan sembako sebanyak 50.000 KPM, serta Bansos dari Pemkab Malang sebesar 200 Ribu Rupiah per KPM (berupa beras 15 Kg, 1 Kg telur dan 2 Kg minyak goreng), sebanyak kurang lebih untuk 520 ribu KPM. “Bertepatan pula pada hari ini Pemerintah Desa Tunjungtirto Kecamatan Singosari akan menyalurkan BLT-DD kepada 38 KPM dengan nilai pencairan Tahap I di bulan Mei 2020 sebesar 22 Juta 800 Ribu Rupiah. Kita semua tentu berharap agar BLT-DD yang diberikan pemerintah ini benar-benar mampu memberikan manfaat nyata, sekaligus meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19” ucap Abah sapaan akrab Bupati Malang.

Baca Juga :   Situasi Pandemi, Pemkab Malang Pastikan KEK Singhasari Tetap Jalan

Kegiatan ini sebagai upaya untuk terus mendorong percepatan penyaluran dana Desa, Progres bantuan langsung tunai dana desa sampai dengan tanggal 18 mei 2020 telah salur sejumlah 2.049 Desa di 25 Kabupaten dengan menjangkau 193319 KPM anggaran yang telah tersalurkan senilai 115,9 Milyard secara bersamaan Gubernur Jawa Timur akan menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa di Desa Tunjungtirto Kecamatan Singosari Kabuapaten Malang yang akan di berikan kepada 38 KPM, paket sembako dari Ibu Gubernur ini merupkan paket paket lengkap berisi beras, gula, minyak, telor, mie instan, hand senitizer, masker dan vitamin C penyaluran bantuan langsung tunai dana Desa selama ini di bantu oleh Bank Jatim, Bank BNI dan Bank BRI.

Leave a Reply