BPTP Jawa Timur dan Inisiator 3G Tandatangani Nota Kesepahaman

0
311

PolitikaMalang – Tak lama lagi Balai pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawatimur akan Lakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan inisiator Kampung Glintung Go Green, Ir. Bambang Irianto untuk mereplikasi kampung 3G diwilayah JawaTimur.

“MOU ini akan dilakukan sekembali Bambang Ir setelah menerima Kalpataru yang akan diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo bulan Agustus mendatang,” ujar Kepala BPTP Jawa Timur Dr.Ir. Chendy Tafakresnanto, MP. ,saat ditemui PolitikaMalang dikantornya, Jum’at (27/7).

Untuk diketahui , Ketua rw 23 Kampung Glintung ini akan menerima penghargaan Kalpataru kategori Pembina Lingkungan karena telah berhasil menjadikan model satu-satunya sebagai kampung percontohan dunia. Mulai dari permasalahan lingkungan seperti banjir dapat diatasi dengan sumur resapan yang dibangun dibeberapa titik lorong kampung.

Tak hanya itu, kampung yang dahulu terkenal dengan angka kriminalitasnya yang tinggi ini sekarang secara drastis berubah menjadi kampung yang maju.

“Pak Bambang telah berhasil merubah mindset warganya dan ini harus ditularkan ke daerah lain sesuai dengan karakternya. Untuk itu MOU atau kerjasama ini sangat penting, harus di formalkan, karena di lembaga pemerintah ini jika memerintahkan petugas BPTP, maka memerlukan surat-surat resminya,”tutur
Kepala BPTP Jawa Timur Dr.Ir. Chendy Tafakresnanto, MP.

Dengan PKS atau MoU ini maka nanti Bambang Irianto akan kita ajak ke lokasi-lokasi tertentu untuk membina masyarakat di Jawa Timur agar semangat membangun dan gotong royong yang sudah dibangun pak Bambang bisa ditiru dan ditindaklanjuti oleh teman-teman di Jawa Timur,” ujarnya.

Pemberdayaan masyarakat ini tidak ada ilmunya, dan luar biasa seperti pak Bambang Irianto ini bisa melaksanakan pemberdayaan masyarakat.

Diharapkan kampung lain bisa mereplikasi Kampung 3G dengan karakter dan potensi setiap kampung, sehingga setiap kampung tidak berangkat dari nol karena sudah memiliki potensi masing-masing.

“Kalpataru menjadi kebanggan sekaligus tanggung jawab kita bersama untuk mengembangkan dan mempertanggung jawabkan itu dengan baik,”pungkas Chendy.

Sementara itu, Ketua RW 23 kelurahan Purwantoro Bambang Irianto menyatakan bahwa kerjasama antara BPTP JawaTimur dengan Kampung 3G juga merupakan salah satu penyumbang penilaian positif hingga diperolehnya penghargaan Kalpataru.

Bambang Ir penerima Kalpataru mengajak masyarakat untuk melakukan yang terbaik. “lakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan , karena manusia yang mulia bukan terletak pada Kedudukan atau jabatannya, tetapi terletak pada seberapa besar dia bisa berbuat yang terbaik bagi sesama,”pungkas Bambang Ir berfilsafat.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here