BUMN Siap Serap Certified Internship Program Untuk Mahasiswa UMM

0
99

PolitikaMalang – Melalui BUMN, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus berupaya memperbanyak mitra industri sebagai wadah pengayaan wawasan dan keterampilan dalam mempersiapkan mahasiswa masuk ke dunia kerja.

Salah satu persiapan di dunia kerja nanti, yaitu melalui kerjasama UMM dengan 142 perusahaan di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), melalui program magang bersertifikat atau Certified Internship Program.

Program ini sejalan dengan apa yang disampaikan Menteri BUMN Rini M. Soemarno bahwa BUMN punya andil besar dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia.

“Salah satu cara yang ditempuh adalah mendekatkan dunia pendidikan, sekolah dan perguruan tinggi dengan industri,” terang Drs. Soeparto, M.Pd, Asisten Khusus Rektor Bidang Kerjasama di kantornya, Rabu (8/11/2018).

Lanjut Soeparto, kerjasama yang dijalin mencakup studi kerja bagi mahasiswa semester 7. “Mahasiswa tidak hanya menjadi pengamat, akan tetapi akan mendapatkan orientasi dari perusahaan dan langsung bekerja sesuai dengan bidangnya. Sehingga dapat meningkatkan kualitas human capital pada mahasiswa,” kata Soeparto.

Soeparto mengatakan bahwa program ini tidak akan mengganggu perkuliahan peserta. Kedepannya akan diterapkan sistem pembelajaran jarak jauh dengan metode blended learning atau program pendidikan berbasis daring. Sehingga peserta tetap dapat melanjutkan perkuliahan pada mata kuliah yang sedang ditempuh.

Lebih jauh, Soeparto menjelaskan, Certified Internship Program sendiri merupakan program di bawah Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Yakni forum sinergi bagi praktisi human capital management (menejemen modal manusia) di lingkungan BUMN. Forum ini memiliki komitmen meningkatkan daya saing sumber daya manusia Indonesia.

Di tempat berbeda, Wakil Rektor I UMM yang membidangi akademik, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si baru-baru ini melakukan penandatanganan kerjasama melalui skema piagam kerjasama dengan PT. Barata Indonesia di Gresik.

“UMM mengirimkan 9 mahasiswanya dari Program Studi (Prodi) Psikologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Akuntasi, dan Fakultas Teknik untuk magang di sana,”pungkasnya.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here