Buntut Pembakaran Bendera Partai, PDIP Kota Malang Lapor Polisi

PolitikaMalang – Sejumlah pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Malang Rabu Sore( 1/7/20) beramai ramai mendatangi Markas Polres Malang Kota. Mereka menuntut kepolisian mengusut tuntas insiden pembakaran bendera PDIP oleh oknum saat demontrasi di Jakarta 24 Juni 2020 lalu.

I Made Riandiana Kartika, Ketua DPC PDIP Kota Malang mengatakan kepada wartawan kalau kehadirannya bersama pengurus DPC PDIP Kota Malang mendatangi kantor polisi yaitu untuk menyerahkan surat pengaduan secara resmi terkait insiden tersebut.

“Sebagai kader dan petugas partai, kami merasa martabat dan harga diri kami terganggu. Kami minta (kasus) ini segera diusut tuntas,” tukas Made.

Pihaknya meminta Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata meneruskan laporan ini kepada Kapolda dan Kapolri agar pelakunya segera ditindak secara hukum.

Sebagai negara hukum, kata Made, warga negara yang baik tentu tidak mengambil langkah premanisme atau anarkisme. Pihaknya lebih memilih membawa kasus ini ke ranah hukum.

“Ibu Ketum (Megawati Soekarnoputri) menginstruksikan seluruh kader menempuh jalur hukum. Negara kita negara hukum. Semua harus diproses secara hukum,” ujar Made yang juga Ketua DPRD Kota Malang itu.

Ini pernyataan sikap resmi DPC PDI Perjuangan Kota Malang:

  1. Seluruh lapisan kader PDI-Perjuangan di Kota Malang untuk merapatkan barisan, dan siaga l (satu) untuk membela kehormatan partai;
  2. Mendukung penuh proses hukum terhadap pelaku pembakaran bendera PDI-Perjuangan;
  3. Meminta agar Kepala Kepolisian Resort Kota Malang mendorong Kepala Kepolisian Republik Indonesia untuk segera menangkap pelaku pembakaran bendera PDI Perjuangan dan memproses secara hukum;
  4. Mengutuk secara keras atas perbuatan pembakaran bendera PDI Perjuangan;
  5. Pembakaran bendera PDI Perjuangan adalah perbuatan yang menciderai demokrasi;
  6. DPC PDI-Perjuangan Kota Malang menjadi garda terdepan untuk menjaga demokrasi yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945, pluralism dan keutuhan NKRI;
  7. Perkuat persatuan dengan rakyat karena rakyatlah kekuatan sebenamya PDI-Perjuangan.
Baca Juga :   Kota Malang Siapkan Satgas Recovery Ekonomi Daerah

PDIP Kota Malang mengutuk keras aksi yang berujung pembakaran bendera PDIP di Jakarta. Made berharap laporannya bisa diteruskan ke Kapolri dan segera diproses secara hukum.

Leave a Reply