Camat Pakis Gandeng Bambang Irianto 3G Untuk Beri Motivasi Merubah Mindset

0
82

PolitikaMalang – Gerakan Menabung Air (GEMAR) menjadi topik diacara Ngopi Bareng Lingkungan di Joglo Kantor Kecamatan Pakis Jum’at malam ( 14/12/2018).

Acara yang dibuka Camat Pakis Firmando Hasiholan Matondang ini dihadiri oleh ratusan penggiat lingkungan se Kecamatan Pakis.

Keseriusan pihak pemerintahan tingkat kecamatan di wilayah Pakis kabupaten Malang untuk memperbaiki dan membenahi wilayahnya benar-benar diwujudkan Camat Pakis Firmando Hasiholan Matondang.

Setelah mengajak inisiator Kampung Glintung Go Green (Kampung 3G) yang menjadi inovator Gerakan Menabung Air (Water Banking Movement) pada hari Kamis (12/12) kemarin, malam ini kegiatan dilanjutkan dengan acara Ngopi Bareng Ngrumat Lingkungan dengan tema Bank Air Untuk Kelestarian Alam.

Camat Pakis, Firmando Hasiholan Matondang menegaskan bahwa forum pertemuan yang dikemas dalam acara ngopi bareng bersama elemen masyarakat dari 15 desa di wilayah Pakis tersebut diharapkan bisa menjadi pelecut untuk merubah mindset warga Pakis dengan cara meniru kesuksesan sang Motivator Bambang Irianto.

Saya berharap kehadiran pak Bambang Irianto yang menghipnotis warganya ini benar-benar dimanfaatkan sebagai modal untuk mampu merubah mindset semua warga dan juga menambah wawasan tentang gerakan menabung air,” ujarnya.

Dikatakan Firmando, jika tahun ini Bu Risma Walikota Surabaya yang berangkat ke Guangzhou, Pak Bambang Irianto telah lebih dulu 7 Desember tahun 2016 sudah ke sana dan mendapatkan penghargaan 15 inovator di Guangzhou Award 2016.

Camat Pakis lebih lanjut menegaskan beberapa waktu yang lalu pihaknya dan instansi terkait telah melakukan pemantauan, di titik pertemuan sungai kalisari dan sungai Bango di dusun Lowoksuruh termasuk kampung banyu, Sumber Gentong, embung Cempaka di Sumber Pasir, serta perumahan di Dusun Krajan Pakis jajar RT03 RW14 Kec Pakis, dimana jika terjadi hujan lebih dari dua jam maka akan menimbulkan dampak di beberapa daerah di wilayah Pakis yang lokasinya lebih rendah daripada yang lain.

“Saya berharap program menabung air bisa diterapkan di wilayah Pakis dengan melibatkan tujuh ribu (7000) pelajar untuk membuat biopori di rumah masing masing agar Pakis bisa menuju ke kondisi yang lebih baik,” ungkap Firmando.

Bambang Irianto memberikan motivasi dan sharing bagaimana proses perubahan Kampung Glintung Go Green bisa berubah menjadi Kampung Konservasi Air dengan segala macam kendala dan inovasinya.

“Jika di Glintung Go Green bisa menerapkan biopori untuk mengurangi dampak hujan, tentunya di Pakis juga akan bisa,” ujar Bambang Irianto dalam paparannya.

Bambang Irianto penerima penghargaan Kalpataru Kategori Pembina Lingungan ini berjanji akan bersinergi dengan Camat Pakis Firmando untuk bersama sama menjadikan Krajan Pakis jajar RT03 RW14 Kec Pakis sebagai Pilot Projek untuk Kampung tematik destinasi wisata dan edukasi.

“Saya sangat mengapresiasi Kunjungan pak Camat Pakis datang ke kampung 3g menyampaikan keinginannya untuk mengurangi dampak Banjir di daerah titik terendah,” pungkasnya singkat .(*)

Pewarta: Djoko Winahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here