Dies Natalis FKUB ke 45, Ajak Masyarakat Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis

0
216

PolitikaMalang – Dalam rangka memperingati dies natalis ke-54, Fakultas Kesehatan (FK) Universitas Brawijaya (UB) Malang melakukan berbagai kegiatan pemeriksaan dan seminar kesehatan gratis kepada masyarakat didahului dengan senam Prolanis bersama.

Pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat umum sekitar ub , anggota Prolanis Klinik UB, dan pensiunan FKUB ini, digelar di dua titik yakni di gedung Graha Medika FK dan gedung Pendidikan Bersama UB.

Untuk Graha Medika dilakukan pemeriksaan kesehatan diawali dengan Timbang Badan, ukur tinggi badan, cek gula darah hingga cek tekanan darah.
Diteruskan mengikuti Seminar kesehatan awam tentang 3 materi diskusi diantaranya diskusi (OBG: Menopause), diskusi (Paru: ayo berhenti merokok), serta diskusi (Kardio: ACS Awareness).

Sementara untuk gedung pendidikan bersama dilakukan pemeriksaan berupa pemeriksaan kulit, ortopedi, urologi, hingga skrining jantung koroner dan masih banyak yang lain.

“Yang kita undang total ada sekitar 500 orang,” kata Ketua panitia dr Bayu Lestari, saat ditemui di Graha Medika FK UB, Minggu (06/01/2019).

Dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, salah seorang pasien didapati telah memiliki salah satu penyakit tertentu maka akan segera ditindak lanjuti.

“Kita juga sediakan obat-obatan bagi mereka, ini bagian dari langkah kuratif,” tambahnya.

Sementara itu, Dekan FKUB
Dr. dr. Sri Andarini, M.Kes menyampaikan bahwa, pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan bagian dari pengaplikasian tri dharma perguruan tinggi.

“Kita ingin mengabdi kepada masyarakat, sebagai bentuk bagian dari salah satu tri dharma perguruan tinggi itu,” kata Sri Andarini.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis, Dekan FKUB yang masih kelihatan enerjik ini menyampaikan, FKUB juga telah merencanakan program pendampingan bagi ibu hamil yang ada di kota Malang.

Dari data yang diperoleh FKUB, setidaknya ada sekitar 13 ribu ibu hamil yang ada di kota Malang. Dan dari jumlah tersebut, rencananya mahasiswa FKUB akan mendampingi mereka dengan rasio 1 banding 1.

“Satu mahasiswa satu ibu hamil. Mereka akan melakukan pengawasan hingga melahirkan,” jelasnya.

Rencananya mahasiswa akan mulai diterjunkan ke lapangan saat berada di semester 4 atau 2 tahun kuliah.

“Jadi mereka sudah punya bekal ketika diturunkan ke lapangan,” tambahnya.

Masyarakat begitu antusias memanfaatkan Pengobatan, pemeriksaan, skrining dan edukasi yang di gelar FKUB dalam rangka Dies Natalis yang ke 45 ini.

Agenda Dies Natalis masih ada bederapa kegiatan lagi yang puncak acaranya akan digelar 13 Januari 2019 mendatang dengan, Panggung Hiburan, Jalan Sehat, Gowes hingga Expo Spesialis dan S1 FKUB, Kunjungan Laboratonum Penelitian Hewan Coba Bidang Kedokteran .

Sedangkan Hari ini Senin 7 Januari 2019 ada Bakti Sosial, 9 Jan Digelar Doa Bersama dan 12 Januari Temu Alumni FKUB.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu