Dongkrak Pencapaian UHC, BPJS Kesehatan Malang Sosialisasikan Aplikasi OSS dan Sosialisasi Perpres No.82 th 2018

0
49

PolitikaMalang – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan KC Malang mensosialisasikan aplikasi Online Single Submission (OSS) dan Sosialisasi Perpres No.82 th 2018, dalam rangka pencapaian Universal Health Coverage (UHC).

Sosialisasi ini disampaikan langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan KC Malang Hendry Wahjuni, di dampingi Roy Winandra Putra, Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Malang di Taman Indie Resto, Araya, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (6/12/2018).

Selain di ikuti perusahaan, sosialisasi ini juga turut dihadiri sejumlah perwakilan perusahaan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Malang Raya, seperti, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta APINDO dari wilayah Malang Raya.

Kepala BPJS Kesehatan KC Malang Hendry Wahjuni mengatakan, OSS telah diterapkan pemerintah sejak Juli 2018 untuk memudahkan administrasi perusahaan.

Bagi BPJS Kesehatan, aplikasi OSS berguna untuk memudahkan perusahaan-perusahaan mendaftarkan para pekerjanya sebagai penerima manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan.

“Aplikasi ini memudahkan perusahaan untuk memiliki akun yang akan mengakomodir segala administrasi dan pembayaran iuran kepesertaan BPJS Kesehatan para karyawannya,” katanya.

Ia menyebutkan bahwa perusahaan tidak perlu ke kantor lagi kalau mau mendaftarakan karyawannya. Sebab, perusahaan bisa melakukan adminsitrasi pendaftaran sendiri hingga pembayaran premi kepesertaaan karyawan.

“Saat ini, perusahaan yang terhitung terintegrasi baru sedikit. Karena itu, sosialisasi ini perlu dilakukan,” katanya.

Hendry mengatakan sistem OSS ini akan diterapkan di semua perusahaan. Mulai dari perusahaan berbasis PT, CV hingga perusahaan perorangan.

Lebih lanjut, Hendry menyebutkan bahwa OSS juga berguna bagi BPJS Kesehatan untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC). “Aplikasi OSS ini diharapkan membuat pendaftaran kepesertaaan BPJS Kesehatan menjadi semakin mudah,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here