Dua Nama Calon Wabup Malang Resmi Diusulkan Ke Dewan, Siapa Mereka?

0
88

PolitikaMalang – Teka teki siapa dua nama calon wakil bupati Malang yang diusulkan partai pengusung akhirnya terjawab. Melalui surat resmi yang diajukan oleh Bupati Malang Sanusi kepada DPRD Kabupaten Malang tertanggal 26 September 2019, ternyata muncul dua nama yang justru belum familiar di telinga publik. Dua nama tersebut adalah Mohamad Soedarman dan Abdur Rosyid Asadullah. Lalu, siapa mereka?

Belum banyak data yang bisa didapat dari dua sosok baru tersebut. Dari berbagai informasi yang dihimpun, Mohamad Soedarman diketahui sebagai dosen akuntansi di STIE Malangkucecwara atau ABM. Pria asal Pamekasan Madura ini diketahui telah lama tinggal di Malang sejak tahun 80-an. Bahkan, pria berkaca mata tersebut merupakan alumni sekolah yang sama dengan mantan Bupati Malang Rendra Kresna yaitu di SMA 2 Pamekasan. Sedangkan Abdur Rosyid Asadullah diketahui sebagai pengurus Partai Nasdem Kabupaten Malang. Namun banyak pihak berkeyakinan bahwa nama kedua hanyalah sebagai pelengkap usulan, sementara penekanannya tetap pada sosok Mohamad Soedarman.

Sementara itu, publik pun dibuat tercengang dengan munculnya dua nama calon wakil bupati Malang yang diusulkan partai pengusung tersebut. Pasalnya, dua nama itu masih cukup asing di pentas perpolitikan kabupaten Malang. Sampai saat ini, masih belum diketahui pasti dari mana sumber nama Mohamad Soedarman itu tiba – tiba muncul dan diusulkan.

Mohamad Soedarman

Namun dari beberapa penelurusan, nama Mohamad Soedarman ternyata diajukan oleh partai NasDem. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Partai Demokrat Kabupaten Malang, Josua Sebayang.

“Setahu saya diajukan oleh partai NasDem. Saat itu dari informasi memang setiap partai pengusung dimintai nama cawabupnya,” kata Josua, Jumat (27/09/2019).

Seperti diketahui, sesuai aturan memang yang berhak untuk mengusulkan nama calon wakil bupati Malang adalah partai pengusung. Dari data KPUD Kabupaten Malang, pengusung Pasangan Rendra Sanusi padal pilkada tahun 2015 adalah Nasdem, PKB, Golkar, Gerindra dan Demokrat. Nasdem sendiri dinilai menjadi partai yang paling layak untuk mngusulkan karena mantan bupati Rendra Kresna adalah kader Nasdem.

Namun selama ini, nama Soedarman sendiri sama sekali tidak muncul dalam nominasi kandidat wakil bupati Malang yang diusulkan partai Pengusung. Banyak nama – nama besar lainnya sekaligus kader partai yang dianggap lebih layak untuk diusulkan yaitu Moch Geng Wahyudi (Nasdem), Choirul Anam (Nasdem), Faiz Wildan (Dirut Jasayasa), Siadi (Golkar), Gufron (Demokrat) dan Chusni Mubarok (Gerindra). Lalu, apa alasan partai pengusung mengusulkan nama Mohamad Soedarman menjadi wakil bupati Malang mendampingi Sanusi di sisa masa jabatan hingga 2021 nanti? Dan investasi politik apa yang telah diberikan Soedarman untuk Kabupaten Malang sehingga layak diusulkan? Simak penelusuran redaksi kami selanjutnya.