Elemen Pemuda Kota Malang Peringati Sumpah Pemuda di Tugu

0
73

PolitikaMalang – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-90 Tahun 2018, pada Senin 29 Oktober 2018 telah diadakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 yang dipimpin oleh Walikota Malang Drs. H. Sutiaji. Upacara yang dilaksanakan di halaman depan Balaikota Malang ini bertujuan untuk membangkitkan semangat pemuda Indonesia yang telah dideklarasikan pada Sumpah Pemuda tahun 1928 yaitu untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.

Menurut pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang dibacakan oleh Sutiaji menyatakan bahwa kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini. “Komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia” jelasnya.

Hari Sumpah Pemuda ke 90 kali ini mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung-jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Revolusi mental yang dicanangkan oleh bapak Presiden Ir. Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu revolusi mental harus dapat kita jadikan sebagi pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat.

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup pembuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.” Terang Sutiaji.

Sutiaji juga berpesan “Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia.“
Kegiatan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 ini dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan pada pemenang pemuda pelopor tingkat Kota Malang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here