Gandeng BI dan Komisi XI DPR RI, Hasta Komunika Gelar Sosialisasi Literasi Keuangan

0
135

PolitikaMalang – Perkembangan kepemilikan ponsel yang telah menjadi bagian dari kebutuhan hidup masyarakat ditunjang berbagai kemudahan transaksi menjadi sisi plus atau kelebihan ekonomi digital saat ini. Hal ini turut mendorong makin berkembangnya perusahaan rintisan (startup) termasuk industri financial technology (fintech). di Indonesia. Masyarakat pun ditutup harus mempelajari seluk beluk ekonomi digital, agar mampu beradaptasi atas munculnya berbagai fintech.

“Era fintech yang menggabungkan jasa keuangan dengan teknologi, lambat laun mengubah wajah perekonomian dari konvensional menjadi digital. Potensinya ini luar biasa (industri fintech.red) dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang sangat luas, khususnya dalam hal mendorong keuangan inklusi,” beber Anggota Komisi XI DPR RI Ali Ahmad dalam Sosialisasi Literasi Keuangan bersama Bank Indonesia di Ocean Garden Resto, Kota Malang, Rabu (4/3/2020).

Namun Gus Ali sapaan akrabnya meminta kepada masyarakat, terutama yang menggunakan smartphone android untuk juga berhati-hati, cermat dan teliti betul jika ada aplikasi-aplikasi fintech lending yang ditawarkan.

“Harus dikroscek dulu. Ditambah lagi kalau bentuknya aplikasi. Aplikasi yang ada di android, itu jauh lebih rentan mendownload aplikasi yang tidak jelas,” kata Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini dalam agenda resesnya di Kota Malang kali ini.

Ada dua langkah sederhana kata Gus Ali yang dapat dilakukan oleh masyarakat sebelum menggunakan jasa fintech lending adalah memastikan aspek legalitas.

“Saat mau pinjam, tanya sudah terdaftar di OJK belum. Selanjutnya pastikan apakah fintech tersebut sudah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo),” jelas Pengasuh Ponpes Alhidayah Karangploso tersebut.

Sementara itu, kegiatan Sosialisasi Literasi Keuangan yang dilakukan Bank Indonesia (BI) Cabang Malang bekerjasama dengan Hasta Komunika Research and Consultant ini merupakan bagian dari Program Bank Indonesia untuk meningkatkan pemahaman dan literasi masyarakat terkait peran dan tugas BI, khususnya dalam menghadapi era digitalisasi ekonomi dan keuangan saat ini.