Gandeng KPUD Kabupaten Malang, GMNI Al Qolam Gelar Dialog Pilkada

0
150

PolitikaMalang – “Generasi muda perlu mengembangkan pengetahuan, aktif mencari informasi tentang demokrasi dan penyelenggaraannya, menumbuhkan kesadaran untuk memilih berdasarkan pertimbangan logis dan rasional, serta bertanggung jawab pada pilihannya serta pada posisi dan perannya dalam demokrasi,” terang Komisioner KPU Kabupaten Malang MP. Mahardika ketika menyampaikan pemantik diskusi dalam kegiatan Dialog Kepemiluan Membangun Pilkada Damai dan Berintegritas, yang diselenggarakan DPK GMNI Al Qolam di Cafe WD Cafetalisme, Putat Kidul Gondanglegi Malang, pada hari Sabtu (11/1/2020).

Kegiatan yang bertujuan menyampaikan informasi tentang tahapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang 2020 ini diisi oleh narasumber dari lembaga penyelenggara dan lembaga pengawas Pemilu/Pemilihan Kabupaten Malang. Narasumber antara lain, MP. Mahardika dari KPU Kabupaten Malang dan M. Wahyudi Ketua Bawaslu Kabupaten Malang. Dihadiri peserta yang terdiri dari kader GMNI, PMII, dan HMI dari Universitas Al Qolam Gondanglegi.

Mahardika menuturkan, masyarakat juga dapat terlibat dan berpartisipasi dalam pemilihan tidak hanya sebagai pemilih. Tapi juga dapat terlibat sebagai penyelenggara Pemilihan, mulai PPK untuk tingkat kecamatan, PPS untuk tingkat desa, dan KPPS untuk pelaksanaan pemungutan suara di TPS nanti.

“Untuk PPK, kami akan umumkan pembentukannya mulai tanggal 15 Januari 2020 nanti. Dilanjutkan dengan penerimaan pendaftaran di Kantor KPU Kabupaten Malang mulai tanggal 18 sampai dengan 24 Januari 2020,” kata MP. Mahardika.


“Kami juga membuka ruang untuk terlibat berpartisipasi membantu sosialisasi melalui Relawan Demokrasi (Relasi), yang tugasnya adalah untuk membantu sosialisasi pada berbagai segmen pemilih di Kabupaten Malang,” lanjut MP Mahardika menyampaikan pemaparan.

“Saya harap, teman-teman muda terus memantau perkembangan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020, salah satunya melalui website resmi KPU Kabupaten Malang di www.kpud-malangkab.go.id atau melalui media sosial KPU Kabupaten Malang. Gunakan perangkat teknologi untuk menunjang pengetahuan dan menyerap informasi, khususnya tentang pelaksanaan demokrasi di Kabupaten Malang,” ucap Mahardika.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, M. Wahyudi mengatakan, masyarakat juga perlu aktif mengawasi jalannya proses demokrasi. Dalam penyelenggaraan pemilihan, masyarakat berperan sebagai pemilik suara, mengawasi jalannya pemilihan, serta menilai pelaksanaannya.

“Pemilihan adalah kerjasama semua lapisan masyarakat demi terwujudnya proses yang lancar, aman, demokratis, tanpa politik uang, dan tanpa penyebaran hoax.” Pungkasnya.