Gubernur Jatim Awali Pembangunan Museum HAM Pertama di Indonesia

PolitikaMalang – Peletakan Batu Pertama pembangunan Museum HAM Omah Munir diselenggarakan hari ini, Minggu (8/12/2019). Bertempat di Jl. Sutan Hasan Halim, Kel. Sisir, Kecamatan Batu, acara ini dihadiri oleh Gubernur Jawa TImur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Walikota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M, Ketua Yayasan Omah Munir, Andi Achdian, Suciwati selaku istri Munir, Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, serta Juri dari sayembara museum Munir, Butet Kertaradjasa.

Dalam sambutannya Khofifah menyampaikan bahwa Museum HAM akan dibangun diatas lahan aset Pemkot Batu seluas 220 meter persegi yang dimulai pada tahun 2020. Dengan pembangunannya dilakukan melalui anggaran multi year Pemprov Jatim senilai Rp 5 miliar. Sementara itu, Pemkot Batu yang menyediakan lahan untuk pembangunan museum ini dan perawatan.  Sedangkan untuk pengelolaan Museum HAM Munir ini akan dikelola oleh Yayasan Omah Munir. 

Sebagai Museum HAM Pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, Khofifah berharap Museum Omah Munir ini akan menjadi tempat untuk edukasi mengenai HAM sekaligus untuk memasukkan pembelajaran tentang HAM dari Agama. 

Khofifah juga menjelaskan bahwa Kota Batu yang merupakan daerah yang memiliki pemerataan kesejahteraan terbaik di Jawa Timur akan semakin lengkap dengan Pembangunan museum Omah Munir. Karena dengan begitu, masyarakat dapat belajar tentang HAM dan keadilan di museum ini.

Leave a Reply