Hasan Abadi Tokoh Non Parpol Paling Diminati Publik di Pilkada Kabupaten Malang

0
171

PolitikaMalang – Dinamika politik di Kabupaten Malang terus berjalan. Seperti dikutip dari Times Indonesia, Sosok Hasan Abadi, Rektor Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Kabupaten Malang menjadi pilihan tertinggi masyarakat Kabupaten Malang dalam hasil survei kolaborasi sosiologi agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Adiwangsa Research and Consultant, bagi calon Bupati Malang pada Pilkada 2020 untuk kategori figur non partai.

Dari hasil Adiwangsa Research and Consultantyang dirilis pada Minggu (1/3/2020) di Poskoffie, Kepanjen, Kabupaten Malang, elektabilitas figur Hasan Abadi meraih 28 persen dari tujuh figur yang disurvei.

Diantara delapan figur non partai itu diantaranya, Tyas Sujud Pribadi meraih 11 persen, Didik Budi Mulyono meraih 11 persen, Umar Usman, Ketua PCNU Kabupaten Malang meraih 9 persen, Heri Cahyono meraih 7 persen, Ahmad Faiz Wildan 5 persen, Willem Petrus, meraih 5 persen dan Gunadi Handoko, 4 persen. Sedangkan untuk undecided voters atau yang belum menentukan pilihan sebanyak 20 persen.

Adapun alasan utama masyarakat Kabupaten Malang memilih calon idolanya karena sosok figur yang memperjuangkan kesehatan rakyat (17 persen), membawa harapan baru (16 persen), jujur dan adil (14 persen), sosok sederhana, ramah atau merakyat (13 persen) dan suka karena partainya (10 persen).

Selanjutnya, untuk program prioritas yang disukai masyarakat Kabupaten Malang adalah menciptakan lapangan kerja (23 persen), memajukan pariwisata (12 persen), mengendalikan harga kebutuhan pokok (11 persen) dan meningkatkan pelayanan public (7 persen).

“Dari figur non partai yang kami survei, sosok Hasan Abadi masih tertinggi. Mungkin karena latar belakang sosok dia yang aktif di lembaga  pendidikan dan juga organisatoris seperti di Nahdlatul Ulama (NU),” kata Kepala Riset Adiwangsa Research and Consultant, Mahatva Yoga.

Mahatva Yoga juga menjabarkan selain Hasan Abadi menjadi figur non partai paling diterima publik hasil survei kolaborasi sosiologi agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Adiwangsa Research and Consultant bahwa tingkat kepuasa masyarakat terhadap kinerja pemerintah Kabupaten Malang cukup baik dan puas (42 persen). Sangat tidak puas sebanyak 16 persen, kurang puas 32 persen dan tidak tahu dan tidak jawab sebanyak 10 persen.