Ini Alasan Emil Dardak Apresiasi IAI di Jawa Timur

0
210

PolitikaMalang – Wakil Gubernur terpilih periode 2019-2024, Emil Dardak mengapresiasi upaya Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dalam mengawal anggaran dana desa di Jawa Timur.

Apresiasi ini disampaikan Emil Dardak usai menjadi pembicara di Seminar Nadional bersama mahasiswa Polinema Sabtu (17/11/2018)

Menurutnya, upaya pengawalan yang dilakukan oleh IAI merupakan langkah baik khususnya dalam penciptaan transparansi dan tata pemerintahan yang baik.

“Kami salut IAI sudah kasih contoh, harus pro-aktif. Akuntan itu bagian dari penciptaan good government,” kata Emil Dardak saat mengisi acara Seminar nasional akuntansi 2018 dengan tema peran akuntan dalam penerapan good public government.

Sementara itu, Ketua IAI komisariat Malang Raya, Puji Handayati menyampaikan, sejak Undang-Undang (UU) No. 6 tahun 2014 tentang desa diluncurkan, pihaknya terus mengawal dan memberikan pelatihan bagi aparatur desa di Jawa Timur.

Hingga saat ini 7.500 desa yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Timur telah masuk dalam pengawalan IAI.

“kita lakukan pendampingan, kita kerjasama dengan Jatim dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) untuk mengawal dana desa,” kata Puji Handayati

Lebih lanjut, Puji sampaikan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi yang dikemas dalam bentuk diklat. Pemberian diklat tersebut telah diberikan kepada kurang lebih 15.000 aparatur daerah.

“Sudah berjalan diklat Kepala desa ada 7.500, dan sekertaris desa juga ada 7.500 orang. Ke depan kita nanti akan ke bendahara dan aparatur lain,” pungkasnya.

Tak hanya itu, Puji juga mengajak institusi pendidikan khususnya perguruan tinggi, untuk bersama IAI mengawal anggran dana desa di wilayah Jawa Timur.

“Perguruan tinggi melalui mahasiswa yang melakukan KKN itu bisa menjadi aktor kita. Jadi KKN itu sifatnya tematik, mahasiswa melakukan pembangunan di desa sesuai dengan bidangnya,” ucap Puji(*)

Pewarta : Djoko Winahyu