Ini Prediksi Permasalahan Kota Malang 5 Tahun Kedepan

0
137

PolitikaMalang – Transportasi dan sampah, menjadi tantangan tata kelola pembangunan kota malang 5 tahun kedepan.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang Erik Setyo Santoso dalam gelaran seminar governance 3 dan kuliah tamu di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) Malang, Senin (11/02/2019).

Menurut Erik, dari bidang transportasi, pemerintah kota Malang dihadapkan pada permasalahan kemacetan dan green transportation.

“Masalah green transportasi itu terletak pada pengurangan pemakaian kendaraan pribadi,” kata Erik Setyo Santoso

Tak hanya itu, pembangunan jalan tol Malang-Surabaya juga menjadi tantangan tersendiri bagi transportasi di Malang.

Menurutnya, kesiapan transportasi yang begitu cepat ke Malang melalui jalan tol mengharuskan Pemeritah kota Malang melakukan rekayasa lalu lintas dengan cerdas.

“Malang juga harus mempersiapkan diri, pergerakan orang ke Malang sekarang begitu cepat,” katanya.

Tak hanya itu dari segi sampah, ia tegaskan selain sampah rumahan, sampah dari mahasiswa khususnya anak kos-kosan juga menyumbang permasalahan tersendiri.

Data dari kemenristek Dikti tahun 2018 menunjukkan jumlah mahasiswa baru 22.687 orang. Dengan perhitungan satu mahasiswa menyumbang satu sampah perhari maka secara total, sampah yang dihasilkan oleh mahasiswa se-Kota Malang mencapai 22.687 sampah per hari.

“Itu baru satu saja dalam sehari, belum lagi sampah camilan dan go food. Bayangkan berapa banyak kalau sebulan,” katanya.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here