ITN Malang Borong Juara  Lomba Kuat Tekan Beton

0
96

POLITIKA MALANG – Dua Tim mahasiswa ITN Malang(Institut Teknologi Nasional Malang) borong juara dan runer up Lomba Kuat Tekan Beton (LKTB) 2019 di Universitas Kristen Petra Surabaya, 10-12 Mei 2019.

Dua Tim Lolos jadi juara dari 7 Tim yang di kirim ITN untuk mengikuti lomba ini. Juara I, Tim The Engineer , sedangkan juara 2 dalam kejuaraan LKTB ini Tim Beton Tahan Serang (BTS).

Tim The Engineer terdiri Reynhard Bayu Prananda Ghunu, I Komang Azi Sunaryo G, dan Wahyu Bangkit Pangestu Aji. Sedangkan, Tim BTS terdiri dari Dian Roby Sugara, Fellix Christovel Simbaiang, dan Riski Kurniawan.

Ketua tim Engineer ITN Malang Reynhard Bayu Prananda Ghunu mengatakan ITN Malang bersaing dengan 10 Universitas dari seluruh Indonesia yang terdiri dari 75 tim. Tema lombanya adalah membuat campuran beton yang ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan semen. Penggantinya adalah memakai fly ash atau limbah batu bara.

“Tim kami menggunakan perbandingan 40 persen fly ash dan 60 semen untuk kejuaraan ini. Kemenangan kami pun tak lepas dari latihan mixing, agar beton bisa semakin kuat,” katanya.

Sementara itu, Ketua tim BTS ITN Malang, Dian Roby Sugara menyampaikan kejuaraan ini merupakan pengalaman yang sangat berharga. Menurutnya, dalam kejuaraan ini seluruh peserta dituntut untuk bukan hanya ahli dalam perhitungan.

“Peserta harus terampil dalam melakukan mixing atau pencampuran agar beton yang dihasilkan kuat,” katanya.

Sebagai informasi, juara pertama tim The Engineer ITN Malang berhasil mencatatkan kekuatan beton mencapai 1040 Kilonewton. Sedangkan untuk juara kedua tim BTS ITN Malang berhasil mencatatkan kekuatan beton mencapai 940 Kilonewton di ajang LKTB 219 di Universitas Kristen Petra.

Selain Tropy dan uang Pembinaan dari Panitia Universitas Kristen Petra Surabaya, para pemenang Tim ITN juga mendapat Reward dari Kampus berupa Bebas SPP 2 semester untuk juara 1, sedangkan peraih juara 2 bebas 1 semester.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu