Kompak, PKB dan PCNU Kabupaten Malang Peringati Haul Gus Dur

PolitikaMalang – Kemesraan terus ditunjukkan oleh PKB dan PCNU Kabupaten Malang. Kali ini, dua organisasi berbasis nahdliyin ini memperingati Haul Gus Dur ke-10 yang diadakan di Gedung Serba Guna NU di Krapyak, Kepanjen, Sabtu (11/1/2019) siang.

Seperti dikutip dari Times Indonesia, Haul Gus Dur kali ini mengambil tema “Gus Dur Spirit Melayani Ibu Pertiwi”. Dalam haul Gus Dur tersebut diadakan doa serta istighosah bersama yang ditunjukkan kepada almarhum Gus Dur.

Dalam kegiatan itu, dihadiri Bupati Malang, HM Sanusi, Ketua MUI Kabupaten Malang, KH Fadhol Hija, Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, H Ali Ahmad, Ketua PCNU Kabupaten Malang, Umar Usman serta Rektor Unira Malang, Hasan Abadi.

Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM menekankan bahwasanya pentingnya memperingati Haul Gus Dur. Yakni dengan bertujuan untuk mengenang seluruh jasa yang telah dilakukan oleh Gus Dur.

“Haul Gus Dur ini sekaligus juga untuk mendoakan almarhum Gus Dur. Karena umat Islam wajib mendoakan sesama, khususnya alim ulama,” ujar Sanusi.

Dia menyebutkan, bahwasanya banyak yang telah diperbuat oleh Gus Dur. Diantaranya terkait pluralisme, toleransi, perdamaian, serta kerukunan antar umat beragama.

“Gus Dur ini merupakan Bapak Bangsa yang meletakan pondasi keanekaragaman dalam berbangsa serta bernegara,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kabupaten, H Ali Ahmad menjelaskan, almarhum Gus Dur merupakan panutan bagi umat Islam khususnya warga Nahdliyyin serta PKB.

“Gus Dur banyak meninggalkan segala hal yang memiliki kemanfaatan bagi umat serta masyarakat, salah satunya adalah Ilmu. Sehingga, kita yang masih hidup, seyogyanya meneruskan apa yang telah dilakukan Gus Dur,” ucapnya di tempat yang sama.

Maka dari itu, kata dia, DPC PKB dan PCNU Kabupaten Malang berkolaborasi menyelenggarakan Haul Gus Dur ke-10 guna mengenang seluruh jasa dari bapak bangsa tersebut. 

Turut hadir dalam kesempatan itu, pengurus DPC PKB Kabupaten, pengurus PCNU Kabupaten Malang, tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh pengurus Banom NU.

Baca Juga :   Spanduk Pemkab Malang Di Soal, LIRA Singgung Potensi Konflik Kepentingan

Leave a Reply