Kuatkan Sistem Peringatan Dini Tsunami, Pemkab Malang dan BMKG Resmikan GEJI

PolitikaMalang – Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M meresmikan beroperasinya Sensor Seismograph Gedangan Jawa Indonesia (GEJI) ke dalam Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia Tahun 2020 di Balai Dusun Umbulrejo, Desa Sidodadi, Kecamatan Gedangan, Senin (20/1) siang. Pengoperasian GEJI ini buah komitmen tinggi dan kerja keras seluruh jajaran Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang serta stakeholders dan pihak BMKG Karangkates.

Hal ini sekaligus salah satu upaya perubahan paradigma penyelenggaraan penanggulangan bencana berubah dari Disaster Respon menjadi Risk Reduction atau pengurangan resiko bencana melalui peningkatan kesiap-siagaan bencana.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penekaman tombol sirine oleh Bupati Malang bersama Deputi Bidang Geofisika, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Kapolres Malang, dan Dandim 0818 Kabupaten Malang – Kota Batu. Tak ketinggalan, Pak Sanusi, sapaan akrab bersama tamu VIP juga meninjau ruang pusat pengoperasian GEJI yang terletak disamping barat dari Balai Dusun Umbulrejo.

“Ini langkah dan terobosan besar yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Malang bersama BMKG Karangkates” pungkas Sanusi.

Sanusi berharap, dengan adanya GEJI ini bisa semakin meminimalisir resiko jika terjadi bencana tsunami di Kabupaten Malang.

Baca Juga :   Bantu Pembelajaran Daring, Malang Bangkit Siapkan Program Wifi Gratis Tanpa Sandi

Leave a Reply