PDB Indonesia Tembus angka US$ 1 triliun tertinggi di Asean

0
29

PolitikaMalang – Untuk Tahun ke Lima Bank Indonesia (BI) kembali melakukan edukasi publik terkait penerapan ekonomi digital melalui ajang BI Goes to Campus 2018. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan pada Bulan November 2018.

Agenda BI Goes to Campus 2018 akan mengunjungi empat kampus, yakni Universitas Brawijaya, Malang (8 November); Universitas Sriwijaya, Palembang (15 November); Universitas Patimura, Ambon (22 November); dan Institut Teknologi Bandung, Bandung (28 November).

Di beberapa kampus tersebut akan digelar talkshow, workshop video, dan blog. Seperti hari ini, Kamis (8/11/2018) dilaksanakan di gedung Samantha Krida UB .

Mengusung tema Ekonomi Digital dan Perlindungan Konsumen, pada tahun kelima ini BI mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya penerapan ekonomi digital seiring berkembangnya teknologi dan komunikasi secara digital.

Selain itu, BI juga memaparkan pentingnya perlindungan konsumen pada era ekonomi digital.

BI memilih kampus untuk edukasi publik karena mahasiswa merupakan segmen masyarakat yang akan berperan penting dalam kemajuan bangsa dalam periode jangka panjang.

Direktur Komunikasi Bank Indonesia Arbonas Hutabarat mengatakan bahwa Mahasiswa atau anak muda pada umumnya, memiliki komunikasi terbuka dan daya adaptif yang tinggi terhadap perkembangan zaman.

“Kegiatan ini juga bertujuan mendorong generasi muda untuk menjadi wirausahawan lokal berbasis digital, sehingga dapat berkontribusi untuk mendukung ketahanan ekonomi nasional,”ujarnya.

Ditambahkan Hutabarat, selain edukasi ekonomi digital, BI juga menyelenggarakan kompetisi blog dan video. Kompetisi ini merupakan sarana edukasi bagi masyarakat luas sekaligus media sosialisasi terhadap kebijakan BI.

Hasil kompetisi ditampilkan secara menarik dalam bentuk tulisan, visual, maupun audio melalui jaringan internet.

Edukasi publik juga dilakukan melalui media sosial dan blog dengan metode penyebaran informasi dari endorser tentang sistem pembayaran non-tunai melalui video dan blog.

Sementara itu Anggota DPR RI Komisi XI, Ir. Andreas Eddy Susetyo, MN menyampikan bahwa pada tahun 2017 PDB Indonesia Menembus U50 1 Triliun, di Asean Tak Tertandingi .

Artinya Indonesia kembali membuktikan sebagai negara besar dan tengah berada dalam langkah untuk menjadi negara maju. Hal itu terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang telah menembus US$ 1 triliun per tahun.

Bahkan dengan masuknya PDB Indonesia ke angka US$ 1 triliun, menjadikan Indonesia masuk dalam grup trillion dollar club.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here