Pemkab Malang Gelar Safari Ramadhan, Kagumi Keindahan Masjid Al Hidayah Karangploso

0
27

PolitikaMalang – Safari Ramadhan kembali digelar, kali ini memasuki malam ke-9 bertempat di Masjid Al-Hidayah tepatnya di Dusun Karangan Desa Donowarih Kecamatan Karangploso, Selasa (14/5). Seperti safari ramadhan sebelumnya, Wakil Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, MM didampingi istrinya mengikuti serangkaian kegiatan, dari berbuka bersama hingga sholat magrib dilanjutkan dengan tarawih berjamaah.

Terlihat hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah, Ir. Didik Budi Muljono, MT bersama seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, Ketua MUI Kabupaten Malang, para ulama dan kyai, Kepala Kemenag Kabupaten Malang, Ketua Baznas Kabupaten Malang, Ali Ahmad selaku tuan rumah, Muspika Karangploso, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Selain sebagai ajang memperat tali silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Malang dengan masyarakatnya, safari ramadhan yang digelar tiap tahunnya ini selalu menghadirkan penceramah disela kegiatan seperti memberikan tausiyah usai sholat tarawih. Dan di masjid yang megah ini, Wabup kembali menyerahkan beberapa bantuan secara simbolis diantaranya sembako kepada 3 orang dhuafa, bantuan sejumlah uang kepada 2 anak yatim piatu serta untuk takmir masjid mendapatkan 15 juta sebagai uang pemeliharaan masjid hibah dari Pemkab.

Berbicara soal puasa, Wabup dalam sambutannya usai melaksanakan sholat tarawih, mengatakan bahwa kewajiban seorang muslim berkewajiban berpuasa sebagaimana disebutkan dalam Q.S. Al Baqarah ayat 183 : “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu untuk berpuasa sebagaimana telah diwajibkan terhadap umat-umat sebelum kamu, agar kamu menjadi orang yang bertakwa” Seruan berpuasa di bulan Ramadhan tersebut dikhususkan hanya bagi orang-orang yang beriman agar menjadi umat yang ”la’allakum tattakuun” (bertakwa),” jelasnya.

Menurutnya, hasil dari pelaksanaan puasa selama satu bulan penuh tersebut diharapkan selain menyehatkan jasmani tetapi juga menjadikan insan yang mampu mengendalikan diri dan sabar secara rohani, sehingga selalu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, serta mempunyai nilai kepedulian sosial yang tinggi terhadap sesama manusia.

“Kegiatan ini merupakan langkah untuk membangun Ukhuwah Islamiyah, sehingga diharapkan dapat terbangun hubungan yang harmonis antara umaro, ulama dan umat. Semoga, Ramadhan tahun ini dapat menjadi jalan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, yang diikuti pula dengan semakin kokohnya persatuan umat guna mewujudkan Kabupaten Malang yang aman, damai, tenteram dan sejahtera,” pesan Wabup. 

Sementara itu, Ali Ahmad yang didapuk sebagai tuan rumah menyampaikan ucapan terima kasih karena Pemerintah Kabupaten Malang telah berkenan mengadakan acara safari ramadhan di wilayahnya. Pria yang juga ketua DPC PKB Kabupaten Malang ini berharap acara tersebut dapat meningkatkan tali silaturahmi pemimpin dan rakyatnya.

“Semoga dengan semangat persatuan ini, Kabupaten Malang kedepan akan semakin maju dan sejahtera” pungkas pria yang baru saja terpilih sebagai anggota DPR RI dapil Malang Raya ini.