Pemkot Malang Gelar Fasilitasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

0
67

PolitikaMalang – Bertempat di Hotel Savana Malang pada hari Rabu (27/2/2019), Jajaran Pemerintah Kota Malang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) memberikan edukasi kepada ratusan Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi se malang yang ber KTP Kota Malang, untuk belajar dan menambah pengetahuan seputar pemilihan umum.

Berbagai pernyataan disampaikan oleh Wakil walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko selaku keynote speaker dalam forum ini.

Ini Cara Wakil Wali Kota Malang Ajarkan Kerja Politik Bagi Pemilih Pemula.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko saat melakukan pemilihan ketua angkatan fasilita pendidikan politik di hotel Savana Malang, Rabu (27/02/2019)

“Sepakat hari ini kita pilih ketua angkatan untuk fasilitator pendidikan politik?” tanya Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko.”Sepakat pak,” teriak ratusan anak muda membalas.

Mendengar jawaban tersebut, orang nomor dua di Kota Malang itu meminta beberapa orang untuk maju ke depan.

“Saya minta relawan yang mau jadi ketua, wakil dan sekertaris untuk maju ke depan,” perintah pria yang akrab disapa Bung Edi.

Tak menunggu lama 10 orang anak muda yang berstatus mahasiswa maju ke depan mencalonkan diri. Bung Edi pun mengatakan, pemilihan tersebut akan dilakukan secara musyawarah dan demokratis, dengan menentukan 3 orang yang memiliki suara terbanyak.

“Saya pingin tahu siapa yang setuju dan mendukung mbak Munawaroh sebagai ketua, silahkan berdiri,” tanyanya menunjuk kandidat nomor urut 1

Pertanyaan serupa juga dilakukannya hingga orang ke-10. Tak berhenti sampai di situ, Bung Edi juga sempat melayangkan pertanyaan kepada peserta yang tidak memilih satu kandidat pun.

“Siapa yang tidak bersikap dan tidak menentukan sikap tentang pemilihan angkatan ini,” tanyanya

“Ada 11 orang pak,” balas panitia sembari menunjuk peserta yang tidak ikut memilih

Usai perhitungan, jumlah sura dikumpulkan dan diambil tiga terbanyak. Tiga nama yang muncul adalah Fifi, Munaroh, Muhammad Irfanudin.

“Mereka ini yang akan jadi ketua, wakil dan sekertaris angkatan,” tegasnya

Pemilihan ketua angkatan yang dipimpin langsung oleh wakil walikota Malang ini berlangsung di ruangan Akasia Ballroom, Hotel Savana Malang.

Setelah selesai melakukan pemilihan ketua angkatan fasilitator tersebut, Bung Edi menyampaikan, proses pemilihan yang dilakukan tadi merupakan proses politik.

Proses tersebut lanjutnya, diawali dengan kesepakatan untuk menetapkan seorang ketua angkatan, menentukan calon hingga pemilihan adalah bagian dari politik.

“Itu namanya berfikir dan kerja-kerja politik. Jadi tidak bisa pemilih pemula apatis terhadap politik,” terangnya.

Oleh karenanya, dengan adanya proses pemilihan yang ditunjukkannya kepada 400 mahasiswa dari berbagai universitas itu mampu meningkatkan kesadaran, ketertarikan, dan keikutsertaan mahasiswa dalam pemilu 2019 kali ini.

“Jadi mereka gak apatis, apalagi golput,” tutupnya.

Pewarta : Djoko Winahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here