Peringati Hari Anti Korupsi, Korem 083/Baladhika Jaya Terapkan Zona Integritas

0
118

PolitikaMalang – Momen Hari Anti Korupsi Internasional yang jatuh setiap tanggal 9 Desember setiao tahunnya, tak disia siakan Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo, melakukan penandatanganan Pencanangan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

Danrem 083/Bdj Malang Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo mengatakan bahwa pencanangan Integritas di jajarannya ini sebagai sarana untuk melakukan interopeksi, evaluasi memperbaiki kualitas individu dan pemberantasan korupsi yaitu terciptanya Indonesia bersih dan bebas korupsi.

Penandatanganan Pakta Integritas yang dilaksanakan di Aula Untung Suropati Makorem 083 Baladhika Jaya siang hari ini, Senin (10/12/2018) ini dilakukan oleh Danrem 083/Bdj brrsama 9 Dandim dan 1 Danyon Kota Malang .

“Penandatanganan Pakta Integritas ini merupakan salah satu upaya dalam hal reformasi birokrasi di tubuh TNI.

Besar harapan saya sebagai Ketua Tim pelaksana Reformasi Birokrasi di Korem 083 Baladhika Jaya untuk mengajak bersama-sama melakukan peningkatan kinerja dengan prinsip efektif dan efisien serta pekerjaan yang berorientasi pada hasil (Outcome Oriented) pada seluruh unit kerja dan meyakinkan kepada seluruh prajurit dan PNS sampai pada level terendah untuk bekerja sesuai dengan porsinya masing-masing,” ujar Danrem 083 Baladhika Jaya, Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo dalam sambutannya.

Danrem 083 Baladhika Jaya menyampaikan bahwa informasi terkini terkait Reformasi Birokrasi TNI menunjukkan bahwa nilai indeks Reformasi Birokrasi hasil evaluasi tahun ini adalah 68,84 dengan kategori B atau dengan kata lain terdapat kenaikan sebanyak 2,36 point dari tahun sebelumnya.

“Hal ini merupakan suatu prestasi hasil kerja keras kita semua dalam melaksanakan program Reformasi Birokrasi TNI AD sebagai bagian dari penilaian di lingkungan TNI.

Keberhasilan pembangunan Zona Integritas ini sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas dari organisasi dimana individu tersebut berada dan melakukan kegiatannya,” pungkas Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo.

Sementara itu, Sekretaris Daerah kota Malang, Wasto menyampaikan rasa salutnya terhadap pencanangan Pakta Integritas oleh jajaran Korem 083 Baladhika Jaya.

“Saya salut dengan pencanangan Zona Integritas di wilayah dan jajaran Korem 083 Baladhika Jaya dimana integritas TNI sebenarnya sudah tidak perlu diragukan, tetapi karena adanya peraturan maka zona integritas harus tetap dilaksanakan dalam bentuk penandatangan Pakta Integritas hari ini,” ungkap Wasto.

Wasto menegaskan Pemerintah Kota Malang sudah sangat merasakan bagaimana manfaat bekerjasama dengan TNI khususnya jajaran Korem 083 Baladhika Jaya.

Perlu diketahui, Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui Reformasi Birokrasi khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pencanangan Zona Integritas ini difokuskan pada penerapan program Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang bersifat konkret seperti proses rekruitmen yang dilakukan secara terbuka, mekanisme pengaduan masyarakat, pengukuran kinerja individu dan keterbukaan informasi publik.

Acara yang dimulai sekitar pukul 13.00 WIB tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Malang, Rektor Universitas Merdeka Malang, Wakil Kapolres Malang Kota, Ketua KNPI kota Malang dan beberapa pejabat, tokoh masyarakat dan tokoh agama di wilayah Malang Raya.

Pewarta : Djoko Winahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here