Rekomendasi Cabup Belum Jelas, PDIP Kabupaten Malang Terbelah

0
154

PolitikaMalang – Belum adanya kepastian rekomendasi calon bupati Malang dari PDI Perjuangan akhirnya memunculkan banyak opsi di tataran grassroot partai. Tak pelak, lambat laun, hal ini membuat adanya dinamika di internal partai berlambang banteng ini. Seperti dikutip dari Suara Indonesia, beberapa PAC mulai berani menyarakan aspirasinya.

Bahkan sebagian PAC di tingkat kecamatan mempunyai sikap yang berbeda dari DPC yang sebelumnya menjatuhkan dukungannya pada sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari. Mereka malah berbalik mendukung Rektor Unira Malang, Hasan Abadi sebagai calon Bupati.

Hal itu disampaikan Rusdiono, Wakil Sekretaris PAC Wajak saat diskusi ngopi bareng bersama Hasan Abadi di Kafe Punden, Gondanglegi, Kabupaten Malang, Minggu (12/01/20) lalu.

“Dinamika Demokrasi masih berjalan, semuanya masih proses. Kami yang di PAC juga punya hak menyampaikan aspirasi. Sebelum ada rekomendasi dari Ibu Ketua Umum, kita bebas mau di kubu Bu Sri Untari atau kubu Pak Hasan Abadi,” ujar Rusdiono.

Sambung Rusdiono, setidaknya saat ini ada 11 PAC yang datang dan mendukung Hasan Abadi maju di Pilbup Malang. Bahkan ia mengklaim kedepan jumlah dukungan PAC bisa bertambah.

“Sebenarnya banyak sekali PAC yang mau datang dalam diskusi yang dipantik Pak Hasan Abadi ini, namun karena teman-teman yang rumahnya jauh dari Gondanglegi tak bisa hadir,” paparnya.

Sebelum rekom dari DPP turun, Rusdiono dan kader PAC akan tetap gencar mendukung dan memperkenalkan sosok Hasan Abadi kepada masyarakat Kabupaten Malang.

“Hampir semua teman-teman PAC mensupport Pak Hasan, apalagi nanti Pak Hasan dapat rekom. Wajib bagi kami, suka atau tidak suka harus mendukung,” papar Rusdiono.

Terpisah, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto turut menanggapi adanya isu perpecahan suara dalam dukungan calon Bupati Malang 2020.

“Itulah PDI Perjuangan, ini hal biasa tetapi pada saatnya rekom DPP PDI Perjuangan¬† turun pasti akan balik kembali bersatu mendukung yang mendapat rekom dan ini hal biasa di PDI Perjuangan. Ini ajang konsolidasi,” ungkapnya (14/01/20).

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, DPC PDIP Kabupaten Malang memberikan mandat atau dukungan sepihak kepada Sri Untari Bisowarno untuk maju menjadi calon Bupati Malang. Ada kabar beredar, calon bupati dari PDIP secara resmi akan diumumkan pada saat peringatan HUT dan rakernas partai. Namun hingga rakernas usai, belum ada tanda – tanda calon bupati Malang dari PDIP akan diumumkan oleh DPP.