Riset Adiwangsa: Hasil Survei Pilpres, Paslon 1 Ungguli Paslon 2  Dengan Selisih  20,70%

0
234

PolitikaMalang -Lembaga Riset Adiwangsa memaparkan hasil survey Pilpres, DPR RI, DPD, dan Pripinsi yang dilakukan bertahap sejak November 2018 hingga Februari 2019 di wilayah Malang Raya, Selasa (5/3/2019).

Adiwangsa adalah lembaga riset yang berkedudukan di Kota Malang. Lembaga ini kerap melakukan riset dan survey di kawasan Malang Raya.

Dari hasil survey 480 responden dengan margin of error kurang lebih 4.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen itu, diperolehan suara nomor urut 01 pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin unggul 55.70 persen.

Sedangkan pesainya, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno memperoleh 35 persen suara.“Ada 9.30 persen tidak memilih atau golput,” ujar Direktur Lembaga Adiwangsa, Mahatva Yoga saat memaparkan hasil surveynya.

Direktur lembaga surve Adiwangsa, mengatakan bahwa pengukuran dan metodologi yang dilakukan adalah mengetahui pilihan warga terhadap calon dan partai politik.

Ada tiga faktor yang dilihat yakni faktor keterkenalan, kesukaan dan keterpilihan.

Hal lain yang diperhatikan adalah persepsi terhadap kandidat, personalitiy kandidat, latar belakang pemilih, demografi pemilih serta kelompok mana saja yang memilih seorang kandidat.“Metode pengumpulan data adalah responden terpilih diwawancarai secara tatap muka menggunakan kuesioner,” imbuh Yoga.

Para responden adalah masyarakat di kawasan Malang Raya yang telah terdaftar di DPT. Dijelaskan Yoga, responden dari Kabupaten Malang presentasenya lebih tinggi. Lalu diikuti Kota Malang dan Kota Batu yang paling kecil.Hal itu cukup wajar karena kawasan Kabupaten Malang sangat luas dibanding Kota Malang maupun Batu.

Yoga mengklaim, hasil survey yang dilakukan merepresentasikan peta pemilih di Malang Raya.“Bisa mewakili, karena samplingnya heterogen, bukan homogen,” ujarnya.

Menurut Yoga, keunggulan Joko Widodo – Ma’ruf Amin di kawasan Malang Raya karena masyarakat melihat sosok Joko Widodo, bukan melihat latar belakang partainya. Pun pada sosok Prabowo Subianto.

Meskipun beberapa waktu lalu ketiga kepala daerah di Malang Raya diciduk KPK, namun tidak banyak perhatian masyarakat terhadap partai yang terlibat di belakangnya.“Mayoritas memilih karena figur Joko Widodo, bukan partainya.

Perilakunya sama dengan 02. Namun yang menarik dari 02, untuk representatif ketegasannya lebih tinggi dari pasangan 01,” ungkapnya.

Data lain, 100 persen responden mengaku tahu terhadap Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Sementara itu ada 97 persen responden yang mengetahui pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.85 persen menyukai pasangan nomor urut 01, dan 72 persen menyukai pasangan nomor urut 02.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu