Sanusi dan Untari Hadiri Bersih Situs Sekaran di Pakis

PolitikaMalang – Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M menghadiri Bersih Situs Sekaran, yang terletak di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Minggu (9/2) pagi. Kegiatan yang digelar Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur bersama komunitas Jelajah Jejak Malang (JJM) ini juga dihadiri Anggota DPRD Provini Jatim, Sri Untari dan Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Soebroto.

Bupati datang bersama rombongan yang terdiri dari sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang bergerak ke lokasi Situs Sekaran bersama Kepala Desa Sekarpuro, Sulirmanto didampingi jajaran Muspika Pakis. Sesampai di lokasi acara, BPCB bersama JJM dan masyarakat sudah menunggu kedatangan Pak Sanusi, sapaan akrab Bupati untuk menggelar ritual Bersih Situs meski beberapa kali turun hujan.

Kegiatan ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati yang potongan tumpengnya diserahkan ke Kepala Desa. Kemudian, dilanjut makan tumpeng bersama-sama. Bupati merespon hangat dan mengapresiasi kegiatan Bersih Situs Sekaran oleh BPCB bersama JJM dan masyarakat Sekarpuro. Beliau pun berharap, setelah dilakukan penelitian yang lengkap dan eskafasi oleh BPCB kelak situs ini bisa berdiri sebagai cagar budaya yang mampu melahirkan nilai sejarah bagi generasi penerus bangsa. Diakuinya, Pemerintah Kabupaten Malang masih dalam tahapan menunggu tindak lanjut dan aturan dari BPCB sebelum bergerak untuk mulai menindak-lanjuti.

“Sesuai arahan dari DPRD Provinsi Jawa Timur akan ada penyerahan ke Kabupaten Malang untuk mengelolanya. Ketika sudah diserahkan ke Kabupaten Malang maka tentu selanjutnya akan menganggarkan di APBD untuk keperluan proses-proses berikutnya. Harapannya, ini bisa berkembang, tidak hanya seperti ini, namun sudah ada suatu relief atau bentuk aslinya atau bangunan dari situs Sekaran ini. Sehingga wujud asli dari situs ini bisa diketemukan. Saya yakin BPCB sudah ada rekontruksi. Sejarahnya situs ini pun bisa tersambung,” terang Bupati saat ditanya awak media usai kegiatan Bersih Situs Sekaran, pagi tadi.

Bupati menambahkan, terkait pengelolaan situs ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang hanya mensupport dari segi anggaran. Sedangkan, dan dalam hal pelaksanaan eskapasi sepenuhnya diserahkan ke BPCB yang memang memiliki kompetensinya. Pemkab Malang pun kini masih melihat regulasi berikutnya, yang jelas setelah diserahkan ke Kabupaten Malang maka Pemerintah Desa akan ikut di dalam pengelolaan.

”Pemkab akan menyiapkan anggaran, diajukan di APBD, berapa kebutuhannya, sesuai pengajuan BPCB untuk mengembalikan reliefnya itu. Anggaran itupun diajukan ke DPRD, DPRD menyetujui, selesai untuk kita lakukan. Pasti minta bantuan ke pusat dalam hal ini ke Kementerian Pariwisata Kebudayaan. Untuk mewujudkan pelestarian kebudayaan dan cagar budaya. Jika bisa, kita kembalikan ke bentuk aslinya,” harap Bupati.

Baca Juga :   Launching Tim Pemenangan, Sanusi - Didik Usung Malang Makmur

Leave a Reply