Sidak Jalan Jakarta, Walikota Malang Temukan Sumber Kemacetan

0
125

PolitikaMalang – Hari ke dua uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan jalan Surabaya, jalan Jakarta dan jalan Bandung (11/1/2019), dimonitoring secara langsung oleh Walikota Malang Sutiaji.

“Ini saya lihat masih ada penumpukan pada titik temu kendaraan yang mau masuk jalan jakarta (depan Bakorwil). Khususnya dari jalan Raung dan dari jalan Bandung menuju jalan tersebut, “ujar Sutiaji.

Kepada Kabid Rekayasa Lalin Dinas Perhubungan Kota Malang, Agus Mulyadi dan petugas Lalin Polres Malang Kota, Walikota Malang memerintahkan untuk melakukan manajemen rekayasa lanjutan. “Jadi saya minta kendaraan yang dari arah jalan Bandung yang ingin berbelok ke jalan Jakarta (depan Bakorwil) tidak bisa langsung, harus masuk ke jalan Raung menuju Timur, nanti berputarnya di simpang Balapan dulu baru mengarah ke utara kembali untuk selanjutnya baru bisa belok ke depan Bakorwil.

Demikian halnya kendaraan yang dari jalan Raung bila ingin ke arah barat menuju jalan Jakarta, tidak bisa langsung crossing, tapi dari jalan Raung harus belok kiri (arah selatan) menuju simpang balapan terlebih dahulu, “imbuh Walikota Sutiaji.

Yang tak luput menjadi perhatian Walikota pagi itu, adalah titik macet depan kompleks TK restu, MIN, MTsN dan MAN jalan Bandung. “Kalau di sini lebih kepada faktor penumpukan parkir orang tua siswa, tidak hanya depan sekolah tapi juga sisi utara jalan.

Sementara ada 2 (dua) opsi yang kita berikan, sekolah menyediakan kendaraan antar jemput sekolah sehingga orang tua tidak perlu mengantarkan, dan yang ke dua, drop zone kendaraan pengantar tidak diperboleh di area jalan raya, harus drop masuk ke area sekolah, “tegas Walikota yang senantiasa melemparkan ide ide kreatif.

Dua opsi tersebut sempat disampaikan secara langsung kepada Kepala Sekolah MIN yang bertepatan ada diokasi. “Nanti (minggu depan) kita undang semua Kepala Sekolah dari TK hingga MAN yang ada di kompleks ini, “ujar Sutiaji.

Sidak Walikota atas uji coba rekayasa lalin yang berlangsung antara 1 – 2 bulan ini, juga menyinggung uji rekayasa lalin di kawasan Soekarno Hatta.

Untuk lokasi tersebut Walikota Malang memerintahkan uji kendaraan dari arah Barat (Dinoyo) menuju ke timur (Betek) harus berbelok dulu ke jembatan Soehatt dan tidak boleh langsung lurus.

“Sementara pintu keluar kendaraan dari UB ditutup, sehingga tidak ada arus crossing menuju jembatan Soekarno Hatta,”pungkas Walikota Sutiaji.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here