Sudah Duduk Satu Meja, Gus Ali Apresiasi 3 Kepala Daerah Malang Raya

0
195

PolitikaMalang – Sinergitas tiga kepala Daerah Malang Raya mutlak diperlukan untuk membangun malang Raya.

Intinya ego sektoral tidak lagi digunakan, semua dilebur karena ini menjadi satu kesatuan. Semua hasil pertemuan ini akan dituangkan dalam bentuk tertulis sebagai rujukan kepada Bakorwil Provinsi Jawa Timur dan kementerian terkait untuk merealisasikan hasil pertemuan.

Hal ini menjadi pembahasan jagongan Gus Ali Ketua DPC PKB Kabupaten Malang bersama wartawan Malang Raya di Ladang Caffee Selasa,(12/2/2019).

Politisi PKB Kab Malang yang saat ini maju nyaleg DPR RI Dapil Malang Raya ini ngobrol gayeng penuh keakraban berbicara kekurangan dan solusi masing masing daerah .

“Kemacetan masih menjadi momok di tiga daerah Malang Raya, yakni Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang. Tiga kepala daerah pun berembuk untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dua formula yang dibahas sebagai solusi kemacetan adalah kehadiran transportasi masal dan pembangunan ring road (jalan melingkar),” katanya.

Kondisi terkini, meski telah banyak pembangunan infrastruktur di tiga daerah itu, namun masih banyak yang belum maksimal perbaikannya dari hasil kerja bareng tiga kepala daerah tersebut utamanya daerah perbatasan (Provinsi)yang masih banyak kekurangan.

“Memang tak bisa dimungkiri, saat ini kawasan Malang Raya menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Timur. Namun, tak jarang para wisatawan yang datang ke Malang mengeluh macet serta infrastruktur kurang bagus serta masih minimnya Penerangan Jalan Umum,” tambah Gus Ali.

Bentuk sinergitas tiga kepala daerah untuk mengatasi kekurngan itu diawali dengan pertemuan tiga kepala daerah di Balaikota Malang, bulan lalu.

Dalam pertemuan yang tertutup bagi awak media tersebut, hadir Wali Kota Malang Sutiaji, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, dan Plt Bupati Malang M Sanusi.

Salah satu yang mendesak yakni keberadaan transportasi masal. “Bagaimana transportasi masal menjadi keharusan kita semua. Mengangkut orang Kabupaten Malang ke Kota Malang dan Kota Batu akan menjadi satu kesatuan, sehingga nanti ada kebijakan terkait hal ini,” jelasnya.

“Untuk mengurai kemacetan, memang perlu ada ring road, lingkar selatan, lingkar timur, lingkar barat,” tukas Gus Ali

Selain membahas soal kemacetan, tiga kepala daerah itu, juga akan membuat branding pariwisata Malang Raya menjadi kesatuan. “Dalam branding itu, nantinya mencakup kearifan di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu,” tutup Gus Ali.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu