Terpilih Sebagai Wakil Bupati Malang, Soedarman Dampingi Sanusi Hingga 2021

0
169

PolitikaMalang – Tahapan pengisian kursi wakil bupati Malang pengganti Sanusi telah sampai pada babak akhir. Melalui mekanisme voting hari ini (9/10/19) di DPRD Kabupaten Malang, akhirnya Mohamad Sudarman terpilih sebagai Wakil Bupati Malang (Wabup) periode 2016-2019. Dia memperoleh 44 suara hasil pemungutan yang digelar DPRD. Sudarman akan mendampingi Sanusi memimpin Pemkab Malang hingga Febuari 2021.

Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Malang hadir untuk menentukan pilihan. Proses pemilihan juga dihadiri Bupati Malang Sanusi dan serta dua kandidat calon wabup. Sejak awal penghitungan, perolehan suara untuk Sudarman melejit jauh meninggalkan rivalnya, Abdul Rosyid Assadullah, yang merupakan kader Partai NasDem.

Sampai akhir penghitungan, Sudarman, yang merupakan dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara, menang telak dengan 44 suara, sementara Abdul Rosyid hanya mendapatkan 4 suara, satu suara dinyatakan rusak.

“Hasil pemungutan suara, Saudara Sudarman unggul dengan 44 suara, sedangkan Abdul Rosyid memperoleh 4 suara, 1 suara rusak dari 50 suara yang diikuti oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Malang. Jadi Wakil Bupati terpilih adalah Saudara Sudarman,” ucap Ketua Panitia Pemilihan Wabup Didik Gator Subroto seusai penghitungan.

Didik menambahkan, proses selanjutnya akan dilakukan penetapan dan penyerahan hasil pemilihan Wabup kepada Gubernur Jawa Timur untuk segera bisa digelar pelantikan. Sejak awal, proses mekanisme pengisian kursi wakil bupati Malang ini memang menuai polemik. Bahkan, ada pihak yang berencana menggugatnya karena dinilai tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Nama Soedarman dan Rosyid sendiri diusulkan oleh partai pengusung pasangan Rendra – Sanusi pada pilkada Malang 2015 lalu.