Tingkatkan Kualitas, NU Kabupaten Malang Gelar Diklat Manajemen Masjid

0
59

PolitikaMalang – Masjid merupakan tempat ibadah yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat, sehingga perlu pengelolaan dan manajemen yang baik dan benar, supaya mampu menjadi pusat kegiatan keagamaan Islam.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelakanaan tugas ta’mir masjid, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama ( PCNU) Kabupaten Malang dalam hal ini Lakpesdam NU dan LTM NU menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Masjid yang diikuti dari Pengurus Masjid Besar dan Jami’ se-Kab Malang, dengan mengambil tema ‘ Masjidku adalah taman Surgaku ‘, bertempat di Gedung Pascasarjana Universitas Islam Malang, Sabtu (14/9) pagi.

Plt. Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Harus diakui bahwa kegiatan pelatihan dalam mengelola masjid, masih belum banyak dilaksanakan. Padahal, dalam era yang semakin modern, pengelolaan masjid menjadi salah satu kunci kesuksesan proses dakwah kepada umat. 

” Sejak dahulu, masjid adalah pusat peradaban, pendidikan, bahkan menjadi media paling efektif dalam proses mencari solusi atas berbagai permasalahan umat dan negara bagi umat Islam. Seiring perjalanan waktu, azas manfaat masjid tersebut mulai sedikit berkurang. Hal ini dikarenakan sudah mulai bergesernya pola pemikiran umat Islam, yang telah menjadikan media lain sebagai pengganti dari peran masjid, ” Ucapnya.

Pak Sanusi mengatakan sudah saatnya pola pengelolaan masjid harus dirubah, menjadi pola pengelolaan yang efektif dan tepat sasaran, sehingga masjid senantiasa menjadi tujuan referensi utama bagi umat Islam untuk beribadah, menuntut ilmu sekaligus juga menjadi sarana bermusyawarah guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi umat Islam. 

” Melalui pelaksanaan kegiatan Pelatihan Manajemen Masjid ini, Pemerintah Kabupaten Malang berharap akan semakin banyak para takmir masjid yang memiliki wawasan dan kemampuan manajerial yang baik dalam proses pengelolaan masjid, ” Katanya.

Abah Sanusi, sapaan Akrab Plt. Bupati mengajak kepada para takmir masjid di wilayah Malang Raya, agar dalam mengelola masjid senantiasa berorientasi kepada umat secara utuh. Sebagai contoh riil, adalah dalam mengelola keuangan masjid hasil infaq dan shodaqoh jamaah. ” Saya berharap pola pemikiran para takmir adalah memanfaatkan seluruh uang tersebut bagi kepentingan umat, ” tuturnya.

Mengakhiri sambutannya, sekaligus membuka kegiatan, Pak Sanusi Terakhir, berpesan agar semua pihak turut berpartisipasi dalam menjaga masjid, terutama dalam pemanfaatannya. Jangan sampai masjid menjadi media penyebaran berbagai paham yang cenderung radikal, bahkan kontradiktif terhadap dasar negara di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

” Para pengelola masjid sebagai garda terdepan, bersama-sama dengan umat Islam lainnya, harus dapat mengontrol dan mengawasi pemanfaatan masjid. Sehingga masjid benar-benar menjadi media dakwah Islam yang damai, yang membawa rahmat bagi semesta alam, ” pungkasnya.