Untari Pimpin Polling Sementara Cabup Malang 2020

0
282

PolitikaMalang – Meskipun Pemilihan Bupati (Pilbup) Malang baru akan digelar September tahun 2020, namun gaungnya sudah mulai terasa sejak saat ini. Berbagai forum dan perbincangan telah digelar dalam rangka persiapan pesta demokrasi 5 tahun sekali tersebut. Terbaru, Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang diketahui telah membentuk tim Lajnah Siyasah guna merumuskan sosok calon Bupati representasi warga Nahdliyin. Bahkan pertemuan tersebut difasilitasi langsung oleh KH Marzuki Mustamar yang juga merupakan ketua PWNU Jawa Timur di Pondok Pesantren Sabilur Rosyad Malang (5/8/19).

Sementara itu, Litbang Politika juga telah mengadakan polling online guna mengetahui sosok calon Bupati Malang harapan masyarakat. Polling yang dimulai sejak awal Agustus tersebut menampilkan 18 nama tokoh masyarakat dari berbagai elemen. Ada yang mewakili partai politik, akademisi, tokoh profesional dan organisasi masyarakat. Nama – nama tersebut dipandang oleh litbang Politika punya kapasitas dan peluang untuk tampil di ajang Pilbup Malang 2020 nanti. Diantaranya ada nama Sanusi, Ali Ahmad, Siadi, Didik gatot, Sri untari, Moreno Soeprapto, Jajuk Rendra Kresna dan Geng Wahyudi yang mewakili parpol. Ada juga nama Umar Usman dan Mursidi yang mewakili ormas. Hasan Abadi mewakili akademisi, serta Heri Cahyono, tokoh masyarakat yang bahkan telah deklarasi sebagai calon independen.

Dari hasil polling sementara hingga 7 Agustus 2019, ratusan voter telah menjatuhkan pilihan. Nama Sri Untari berada di posisi teratas pilihan netizen dengan prosenČ›ase 19 persen. Bahkan Sosok anggota DPRD Jawa Timur tersebut mampu sedikit mengungguli sang petahana, Plt Bupati Malang Sanusi yang berada di urutan kedua dengan 17 persen. Lalu ada Jajuk Rendra, istri mantan Bupati Rendra kresna menyusul di urutan tiga dengan 16 persen. 2 calon DPR RI terpilih dari PKB dan PDIP, Ali Ahmad dan Krisdayanti berkejar – kejaran di urutan 4 dan 5 dengan prosentase 15 persen dan 13 persen. Selanjutnya ada ketua Golkar Kabupaten Malang, Siadi yang baru saja terpilih menjadi DPRD Jawa Timur itu berada di urutan lima dengan 8 persen. Sedangkan nama – nama lain sementara masih dibawah mereka dengan prosentase dibawah 5 persen.

Direktur Litbang Politika, Fahrisudin menyampaikan bahwa jajak pendapat lewat polling online ini memang dimaksudkan untuk mengintip preferensi awal masyarakat terkait pilbup Malang tahun 2020 nanti. Walau tingkat validitasnya tidak seakurat survei, namun hasil polling bisa menjadi gambaran aspirasi para netizen yang juga warga Kabupaten Malang.

“Polling ini semacam warming up bagi kita sebelum tahapan pilbup Malang 2020 akan dimulai dalam beberapa bulan kedepan” ungkapnya.

Ia menambahkan, hal tersebut penting sebagai bagian dari edukasi demokrasi pada masyarakat agar mereka melihat sosok calon Bupati Malang berdasarkan rekam jejak dan kapasitas. Pada tahap selanjutnya, pria jebolan Magister FIA UB ini juga menegaskan bahwa Politika akan mengupas satu persatu profil tokoh yang masuk dalam polling tersebut agar figurnya lebih dikenal masyarakat.

Seperti diketahui, polling ini masih akan berlangsung hingga menjelang tahapan pendaftaran calon yang baru akan dimulai tahun depan. Bagi netizen yang ingin berpartisipasi dalam polling ini bisa langsung menentukan pilihan dengan klik tautan www.politikamalang.com/polling atau membuka portal berita www.politikamalang.com (ha)