Wapres Jusuf Kalla Resmikan Infrastruktur Baru Milik UMM dan Buka Festival Kebangsaan II

0
140

PolitikaMalang – UNIVERSITAS Muhammadiyah Malang (UMM) terus melakukan pembangunan fisik untuk menunjang aktivtas akademis maupun non akademisnya. Infrastruktur terbaru yang dibangun dengan mandiri diantaranya Gedung Kuliah Bersama (GKB) IV berlantai Sembilan dan renovasi gedung pertemuan menjadi Hotel Kapal Garden Sengkaling.

Sedangkan infrastruktur baru lainnya merupakan bantuan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dna Perumahan Rakyat (PUPR). Tiga infrastruktur bantuan pemerintah tersebut adalah dua unit jembatan, yakni Jembatan Sengkaling dan Jembatan GKB IV dan satu unit Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa).

Kehadiran Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla dalam pembukaan Festival Kebangsaan II UMM Sabtu (6/4), sekaligus meresmikan lima infrastruktur baru. Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti usai Jusuf Kalla membuka agenda yang dihadiri ribuan mahasiswa dan unsur masyarakat dan latar belakang agama.

Dalam sambutannya Wakil Presiden RI, M Jusuf Kalla beri motivasi mahasiswa UMM agar generasi muda harus mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, agar bangsa Indonesia mampu bersaing di era revolusi industri 4.0.

“Ilmu itu tidak terbatas. Apabila ilmu itu tidak diasah
, maka kita yang dikuasai ilmu,” kata Jusuf Kalla dalam Festival Kebangsaan II, di UMM, Kota Malang, Sabtu (6/4/2019).

Jusuf Kalla mengatakan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa memajukan negara dan bisa bersaing dengan negara lainnya,” ujar JK.

JK menjabarkan generasi muda harus terus belajar, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) untuk membangun negeri. Ia mengatakan dengan itu diharapkan negara bisa maju.

“Kemajuan negara tergantung tiga yaitu pemerintah yang bersih, kewirausahaan, dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Jusuf Kalla menyampaikan kemajuan negara terletak pada kemampuan sumber daya manusianya. Hal itu tercermin dari banyak negara yang bisa menjadikan negara sebagai negara maju meski tanpa sumber daya alam melimpah.

“Kalau sumber daya alam, ada beberapa negara yang tanpa sumber daya alam bisa maju. Jepang dan Korea misalnya, tetapi mereka mempunyai semangat dan menguasai iptek,” terangnya.

Sebagai informasi, Festival Kebangsaan II terdiri dari berbagai serangkaian even, yang menggalang partisipasi dari berbagai kalangan masyarakat dan mahasiswa.

Pada festival ini juga akan digelar Rembug Kebangsaan, Gelar Seni Budaya Tradisional, Gelar Karya Produktif Dosen dan Mahasiswa, serta ditutup dengan dihelatnya peresmian infrastruktur baru milik UMM, seperti Jembatan, Gedung Kuliah Bersama IV, Rusunawa, oleh Wapres RI M Jusuf Kalla.(*)

Pewarta: Djoko Winahyu