Wujudkan Pendidikan Vokasi SMK, SMK PGRI 3 Malang Launching Kelas Industri Baru

0
48

PolitikaMalang – Sebagai upaya mewujudkan Pendidikan Vokasi SMK yang sesungguhnya, dan penguatan SMK Revitalisasi 2019 yang ditunjuk oleh Ditjend Dikdasmen Kemdikbud RI pada tahun 2019, sekaligus bagian dari program SMK Kawasan Industri, pada tanggal 13 April 2019, SMK PGRI 3 Malang meLaunching Kelas Industri Baru.

Hadir di Launching Kelas Industri Baru diantaranya
Direktur PSMK Kemendikbukd RI, dan Ka. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur 4. Untuk menyaksikan lang sung penandatanganan MOU bersama PT. Astra Daihatsu Motor dengan SMK Binaan Pintar Bersama Daihatsu JATIM & BALI,
MOU Teaching Factory dengan CV. Najwa Electrical Engineering.

Tamu undangan juga mengikuti Launching Kelas Industri Baru yakni Yamaha Musical Products Indonesia (YMPI Class SMK PGRI 3 Malang), Soft Launching Training Center SOLID WORK, Soft Launching IT Clinic AXIOO Jawa Timur, Soft Launching 3D dan Arduino Class Acceleration, Ceremonial Donasi Unit Car, Engine Transmisi dari PT. Astra Daihatsu Motor kepada SMK Binaan Pintar Bersama Daihatsu Terakreditasi A, serta Recruitment PT. Astra Daihatsu Motor untuk 2.000 an Alumni SMK Jawa Timur .

Turut hadir dalam kegiatan ini 42 kepala sekolah SMK Binaan Pintar Bersama Daihatsu JATIM & BALI untuk bersama sama melakukan penandatangan MOU dengan PT. Astra Daihatsu Motor.

Kepala Sekolah SMK PGRI 3 Malang, Lukman Hakim menjelaskan, kerjasama dengan sejumlah pihak industri itu adalah bentuk komitmen SMK PGRI 3 Malang mencetak lulusan yang kompetitif.

“Kelas Industri baru (YMPI Class) yang dilaksanakan oleh SMK PGRI 3 Malang kerjasama dengan Yamaha Musical Products Indonesia (YMPI) yang berada Kawasan Industri Pier Pasuruan diharapkan mencetak lulusan kompeten dibidangnya yang akan menyerap calon lulusan tiap tahunnya sebanyak 100 Orang yang terwadahi dalam kelas industri ini,” ujar Lukman.

Ditambahkan Lukman, Teaching Factory SMK PGRI 3 Malang yang terwadahi dalam CV. Najwa Electrical Engineering akan melakukan trobosan dengan memproduksi beberapa kompeten dan perakitan produk unggulan sekolah.

Training Center SOLID WORK dan TUK akan mencetak orang2 yang memiliki skill yang terlisensi Internasional dalam bidang pemesinan.

IT Clinic AXIOO SMK PGRI 3 Malang di setup 1 Ruangan khusus untuk melakukan pelayanan service produk Axioo Malang raya yang memiliki teknisi handal dibidangnya untuk memberikan solusi jika ada kerusakan produk bagi seluruh siswa yang telah memiliki Tablet pembelajaran serta dibuka untuk pelayanan umum.

Donasi Unit Car, Engine Transmisi dari PT. Astra Daihatsu Motor kepada SMK Binaan Pintar Bersama Daihatsu Terakreditasi A yaitu SMK PGRI 3 Malang, Sumbangan unit ini akan digunakan dalam media pembelajaran siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan mempelajari teknologi serta perawatannya.

Penyerapan tenaga kerja lulusan SMK (Recruitment PT. Astra Daihatsu Motor) dilaksanakan bersamaan dalam rangkaian kegiatan ini dengan lokasi terpisah yang ber tempat di Aula Universitas Gajayana Malang dengan diikuti 2.000 an Alumni SMK Se Jawa Timur dengan dibagi dalam beberapa sesi Tes, mereka yang lolos seleksi akan bekerja di unit produksi perakitan mobil di Jakarta.

Sementara Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hamid Muhammad menjelaskan, revitalisasi SMK yang dimulai sejak 2016 mendorong agar SMK di seluruh Indonesia bisa menggandeng perusahaan. Itu dilakukan agar para lulusan SMK bisa bersaing di dunia kerja.

“Kami berharap, semua SMK di Indonesia punya partner industri dan pekerjaan sehingga anak-anak mulai sekolah sudah jelas kompetensi apa yang harus ditekuni dan mereka akan bekerja di mana,” ujar Hamid saat berada di SMK PGRI 3 Malang.

Saat ini, Kemendikbud RI juga telah menjalin kerjasamadengan Kementerian Perindustrian dan Kementrian Pariwisata. Dijelaskan Hamid, saat ini ada 3.950 SMK yang telah memiliki kerjasamadengan industri. Totalnya, ada sekitar 14 ribu SMK yang ada di Indonesia.

“Dari jumlah 3.950 ini, kami harapkan bisa membina sekolah lain yang ada di dalam aliansinya. Seperti PGRI 3 ini memiliki lima aliansi. Sehingga menjadi embrio untuk sekolah lain,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here