11 Ribu Maba UB Digembleng “Raja Brawijaya”

PolitikaMalang – Sedikitnya 11.033 maba ikuti pembukaan Jelajah Almamater(RAJA) Brawijaya, dilapangan Brawijaya Selasa (14/8).

Kepala Humas dan kearsipan Kotok Gurito SE. Menjelaskan bahwa, Rangkaian Acara Jelajah Almamater(RAJA) Brawijaya merupakan program yang dibentuk oleh Eksekutif Mahasiswa (EM)UB untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru yang diterima di UB.

Program RAJA ada tiga yaitu PK2MABA, Pembinaan Budi Pekerti dan Kepemimpinan, dan Open House.

“Program pertama adalah PK2MABA digelar pada tanggal 14 Agustus 2018 hari ini. Kegiatan ini dimulai jam 06.00 -16.00 didahului dengan upacara penerimaan maba oleh Rektor di lapangan UB. Upacara diikuti oleh 11.033 maba dengan Irup Prof.Dr.Ir. Nuhfil Hanani AR, MS (Rektor),”sebut Kotok

Setelah dibuka secara resmi oleh Rektor UB ditandai dengan pemukulan gong, bersamaan itu pula ada aksi kreatifitas dari pecinta alam UB turun dari atas gedung bergelantungan meluncur bersamaan dengan terbukanya banner di tiga tempat,fak ilmu computer, fak ekonomi bisnis dan Fak Teknologi pertanian diantaranya ,.Banner “kita satu Brawijaya” , “selamat datang Aryasatya” , satu Cita Aksi Brawijaya”.

Setelah upacara, seluruh MABA mengikuti kegiatan pengenalan kehidupan kampus (PK2). MABA ditempatkan di tiga gedung yaitu Sakri, GOR Pertamina, dan UB Sport Center.

Lanjut Kotok, PK2MABA kali ini lebih terasa istimewa karena dihadiri oleh Ibu Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan RI.” Ibu Susi akan menyampaikan materi pembekalan dihadapan mahasiswa baru di gedung Samantha Krida dan dilihat secara live oleh maba di GOR Pertamina dan UB Sport Center. Rektor UB merasa bangga dengan kehadiran maba di kampus UB,”ujar Kotok.

“Saya beserta seluruh pimpinan UB dengan bangga dan bahagia menyambut kehadiran saudara sebagai bagian penting dari komunitas UB, dalam kerangka membangun karakter anak bangsa yang kuat sekaligus meraih masa depan yang cerah sesuai yang Saudara cita-citakan,”kata Rektor UB di depan ribuan MABA.

Baca Juga :   Sidak Pasar Bunul, Walikota Sutiaji Bagi-Bagi Masker

Sebelum upacara, ditampilkan tari tradisional, marching band, atraksi flying fox, paduan suara, BSC, dll Setelah upacara ada kegiatan mob yang diperankan oleh maba dengan memakai ‘tampah’ warna-wami untuk membentuk koreograf’i berupa tulisan UB, 73 tahun Rl, ASIAN GAMES, dan PRAMUKA. PK2MABA selain dilaksanakan secara terpusat di Rektorat , juga dilaksanakan di masing-masing fakultas pada(15/8-16/8 2018).

Dikatakan Kotok , Selama tiga hari pelaksanaan PK2MABA, mereka akan dibekali dengan berbagai materi yaitu wawasan kebangsaan. budi pekerti, menangkal radikalisme. Nara sumber yang akan memberikan materi dalam acara PK2MABA adalah Prof.Dr.lr . M. Nuh, DEA (Mantan Mendikbud), Kol Inf Ardiansyah Triono (Paban Sahli Kasad Mabes AD), Letkol Laut Dr. Adi Bandono, MSi (STTAL), dr. Gamal Albinsaid (CEO Indonesia Medika). “Diharapkan dengan kegiatan PK2 ini, maba akan mengenal UB lebih dalam sebelum mengikuti kuliah di
UB,”pungkas Kotok.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu.

Leave a Reply