Politika Malang

Jelang Ramadhan, Gus Ali Dorong Kemendag Segera Stabilkan Harga Sembako

Gus Ali Ahmad bersama peserta sosialisasi. (Foto: Agus N/politikamalang)

PolitikamalangKabupaten Malang, Harga sejumlah kebutuhan pokok terus melonjak naik, jelang memasuki bulan Ramadhan. Sehingga banyak masyarakat yang mengeluhkan kenaikan harga tersebut.

Melihat kondisi tersebut, Anggota DPR RI F-PKB Dapil Malang Raya H. Ali Ahmad, SH, mendorong pemerintah, melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk segera menstabilkan harga sembako. Hal ini disampaikan Gus Ali sapaan akrabnya, dalam gelaran Sosialisasi Kebijakan Sarana Perdagangan dan Logistik di Aula MWC NU, Wajak, Kabupaten Malang, Minggu (9/2/2023).

Disampaikan Gus Ali, menjelang bulan Ramadhan, masyarakat mulai menjerit dengan harga sembako yang terus meroket. Harga beras misalnya, naik sekitar 3 ribu rupiah

Iklan
Politikamalang
Gus Ali Ahmad dorong pemerintah stabilkan harga sembako. (Foto: Agus N/politikamalang)

“Padahal pemerintah melalui Bulog sudah mematok harga beras di angka 9.900. Tapi kenyataan di lapangan, harga beras justru mencapai angka 13 ribu rupiah,” ujarnya

Belum lagi harga “Minyak Kita” yang juga ikut naik. Padahal Minyak Kita merupakan minyak yang disubsidi pemerintah. Dimana harga aslinya dari pemerintah hanya 14 ribu rupiah. Tapi di lapangan, harganya mencapai sekitar 17 ribu rupiah per liter.

“Ini bagian dari aspirasi yang nanti akan kami sampaikan kepada Pak Menteri Perdagangan,” ungkapnya.

Untuk itu lanjut Gus Ali, Pemerintah harus sigap dan harus segera turun ke pasar-pasar untuk menggelar operasi pasar. Supaya masyarakat, khususnya umat Islam bisa menunaikan ibadah puasa dengan perasaan tenang, karena harga sembako lebih murah

“Tentu ini menjadi tugas Pemerintah melalui Kemendag. Untuk bisa segera mungkin menstabilkan harga Sembako,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ketua tim pemantauan sarana perdagangan direktorat sarana perdagangan dan logistik Kemendag, Muhamad Anwar Achmad, menyampaikan sejumlah kebijakan terkait dengan sarana perdagangan dan logistik Kementerian Perdagangan.

Menurutnya, ada banyak kebijakan perdagangan, salah satunya yakni program pembangunan atau revitalisasi pasar rakyat. Dimana sampai dengan tahun 2019, di kabupaten Malang ada sekitar 16 pasar yang sudah direvitalisasi.

“Begitu juga beberapa pasar di kota Malang dan di Kota Batu,” sebutnya.

Menurutnya, dalam program tersebut, bukan hanya fisik pasar yang dibenahi, tetapi juga Non fisiknya. Melalui program pelatihan para pengelola Pasar.

“Jadi kepala pasarnya kita latih untuk mengelola pasarnya dengan baik,” tuturnya.

Kemudian ada juga program yang namanya program sekolah pasar rakyat. Dengan sasarannya para pedagang.

“Mereka kita bina bagaimana cara menata barang dagangan. Bagaimana cara pembukuan. Termasuk bagaimana cara menarik konsumen,”ujarnya.

” Ada juga program aktivasi pasar yang bertujuan agar pasarnya lebih ramai. Dan program perdagangan antar pulau,”tandasnya.

Sementara itu, Ketua Muslimat Wajak, Hj Suswati menilai, kehadiran Gus Ali di tengah-tengah masyarakat mampu menambah semangat kita semua. Khususnya Muslimat anak cabang Wajak.

“erimakasih Gus Ali yang sudah hadir di tengah-tengah Muslimat. Mudah-mudahan Gus Ali di 2024 bisa terpilih lagi,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, hadir pula Ketua MWC NU Abah FadIi. (Agus N)

Exit mobile version