Penghujung Tahun Ma Chung Dapat Dana Hibah Penelitian Untuk Pengabdian Masyarakat

Bagikan :

Bagikan :

Politikamalang – Malang, Jelang penghujung tahun 2021, Universitas Ma Chung kembali menorehkan prestasi dengan mendapatkan dana hibah “Program Bantuan Penelitian MBKM dan Pengabdian Berbasis Hasil Penelitian DIKTIRISTEK” Tahun Anggaran 2021.

Karena itu, berbagai pengabdian masyarakat pun dilaksanakan Universitas Ma Chung termasuk menggelar tiga kegiatan sekaligus guna menuntaskan pelaporan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Ketua Tim Peneliti Implementasi MBKM Universitas Ma Chung, Dr. Ir. Stefanus Yufra M. Taneo, M.S., M.Sc mengatakan, ketiga kegiatan tersebut yaitu monitoring dan evaluasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian.

Iklan
Ketua Tim Peneliti Implementasi MBKM Universitas Ma Chung, Dr. Ir. Stefanus Yufra M. Taneo, M.S, M.Sc

Kemudian kegiatan desiminasi hasil penelitian MBKM. Serta kegiatan Fokus Grup Discustion (FGD) yang bertujuan untuk memperoleh masukan dari mitra dalam pelaksanaan MBKM. 

“Mitra ini kita bagi ke dalam 3 kelompok yakni dunia usaha dunia industri, UMKM dan desa mitra,” ungkapnya di hotel Savana Malang, Senin (27/12/2021). Disela sela diskusi.

Menurut Stefanus, untuk desa mitra saat ini difokuskan ke tiga desa yang ada di Kabupaten Malang yaitu desa Kucur, Sumber Sekar, dan Tegalweru. Tiga desa ini merupakan lokasi untuk aplikasi hasil penelitian yang diharapkan berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik secara ekonomi maupun sosial kemasyarakatan. 

“Karena lokasi Ma Chung berada di wilayah Kabupaten Malang, sehingga kami ingin berkontribusi bagi masyarakat Kabupaten Malang,” tuturnya. 

Lebih lanjut disebutkan, Universitas Ma Chung sendiri saat ini telah melakukan MoU dengan Kabupaten Malang melalui Bupati. 

“Termasuk juga MoU dengan beberapa dinas serta forum komunikasi pelaku usaha industri kecil dan menengah,” ungkapnya. 

Sementara itu disampaikan Stefanus, mahasiswa Ma Chung sebenarnya memiliki ketertarikan yang besar dengan program MBKM. Sayangnya informasi yang diperoleh masih minim sehingga dari sembilan kegiatan MBKM, mereka hanya familiar dengan kegiatan magang dan pertukaran mahasiswa. 

“Mahasiswa sebenarnya familiar dengan MBKM, tapi taunya hanya satu dua kegiatan utama saja. Padahal ada sembilan kegiatan,” ungkapnya. 

“Karena itu Ma Chung terus berupaya memberikan sosialisasi dari berbagai jalur. Termasuk menyiapkan website khusus MBKM sebagai pusat informasi. Tapi sebelum mahasiswa, dosen dan tendiknya harus diperkuat dulu pengetahuannya tentang MBKM,” pungkasnya. 

Beberapa kegiatan pengabdian masyarakat berbasis hasil riset dan purwarupa PTS yang diselenggarakan dengan hibah ini antara lain:

  1. Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (oleh Dr. Ir. Stefanus Yufra Menahen Taneo, M.S., M.Sc)
  2. Implementasi Pengayaan Penelitian Materi Genetika melalui Pelatihan Isolasi dan Uji Kualitas Mutu Materi Genetik, serta Strategi Pengujian Materi Genetik Berbasis Real Time PCR (Polymerasi Chain Reaction) oleh tim apt. Rehmadanta Sitepu, M.Si
  3. Penerapan Mouse Difabel untuk Komunitas Difabel Tuna Daksa (purwarupa) oleh tim Dr. Eng. Romy Budi W., M.T
  4. Mesin Pemeras Santan untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Kelompok UMKM Es Puter Kota Batu oleh tim Yurida Ekawati, S.T., M.Kom
  5. Mesin RoastingKopi untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Kelompok UMKM Republik Tani Mandiri Desa Kucur oleh tim Teguh Oktiarso, S.T., M.T
  6. Pengembangan dan Scale Up Produk Kopi Fermentasi (Wine Coffee) pada Kelompok Tani Kopi Desa Kucur Malang oleh tim apt. Rollando S.Farm., M.Sc
  7. Penyuluhan Kesehatan: Monitoring Efek Samping pada Penggunaan Terapi Antihipertensi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Pengembangan Diri Tenaga Teknis Kefarmasian Kabupaten Malang oleh tim apt. Martanty Aditya, M.Farm
  8. Implementasi Sistem Informasi Respositori Digital Berbasis Web pada Kantor Desa Sumbersekar oleh tim Meme Susilowati, S.Kom., MMSI
  9. Pembuatan Modil dan Pelatihan Permainan Tradisional bagi Guru KB dan TKK Santo Yusuf 3 Malang oleh tim Felik Sad Windu Wisnu Broto, S.S., M.Hum
  10. Peningkatan Kualitas Produk Minuman Sinom Melalui Pengendalian Proses Produksi dan Higienitas oleh tim Sunday Noya, S.T., MProcMgnt.
  11. Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Kreatif (MPK) Bahasa Mandarin sebagai Bahasa Kedua bagi Tenaga Pengajar di Kota Malang. (Djoko Winahyu)

Bagikan :

M. Anas Muttaqin
Klik Gambar Untuk Info Lanjut

Disarankan

M. Anas Muttaqin
Klik Gambar Untuk Info Lanjut

Terpopuler

Terbaru

Regional

Pilihan

Informasi