3 Kepala Daerah Siap Gelorakan “Malang Raya Maju Bersama”

PolitikaMalang – 3 (tiga) Kepala Daerah Malang Raya berkomitmen untuk bersinergikan dalam kebijakan dan pembangunan daerah. Bupati Malang Rendra Kresna, Walikota Batu Dewanti Rumpoko serta Plt. Walikota Malang, menyepakati untuk menguatkan koordinasi dan komunikasi bersama dalam semangat Malang Raya.

“Kita akan bangun tradisi bersama, dalam satu forum yang menghadirkan masing masing Organisasi Perangkat Daerah, agar ada sebuah konektivitas dan sinergitas program, “ujar Sutiaji, Plt. Walikota Malang.

Mengawali komitmen tersebut, dilakukan pertemuan Sekda dan jajaran Asisten daerah Malang Raya di ruang rapat Tumapel Pemerintah Kota Malang (7/8 ’18).

Nampak hadir dalam pertemuan tersebut, Sekkota Malang Wasto, Pj. Sekkota Batu Edi Murtono dan Abdul Kodir, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Malang.

“Ini (rapat) menindaklanjuti inisiasi dan komitmen dari Kepala Daerah. Merumuskan teknis kegiatan, topik maupun siapa saja yang terlibat di dalamnya, “info Wasto, usai pertemuan.

“Yang utama, kita sepakat untuk maju bersama, karenanya tajuk yang juga kita sepakati ke depan adalah Malang Raya, Maju Bersama,”Imbuh Wasto.

Ada 5 (lima) poin kesepakatan yang tertuang dalam berita acara rapat bersama, meliputi (1) sepakat untuk merealisasikan rencana pertemuan Kepala Daerah se Malang Raya dan melakukan langkah langkah teknis persiapan kegiatan yang dibutuhkan, (2) kota Malang akan menjadi tuan rumah pertemuan yang direncanakan tanggal 27 Agustus atau waktu lain yang disepakati bersama, (3) pertemuan ditujukan untuk mensinergikan komitmen kebijakan Malang Raya yang akan dituangkan dalam bentuk Nota Kesepahaman, (4) sebagai tindaklanjut secara simultan akan disusun Roadmap Kerjasama Malang Raya dengan didahului proses inventarisasi permasalahan prioritas, dan (5) hasil rapat dilaporkan kepada Gubernur Jawa Timur dengan tembusan Kepala Bakorwil dan Kepala Daerah se Malang Raya.

Sekkota Wasto, juga menginfokan, bahwa untuk menguatkan komitmen dan kontinyuitas kebijakan, maka akan didorong masing masing OPD antar Malang Raya juga secara pro aktif menggelar komunikasi dan pertemuan secara teknis.

“Pada roadmap kerjasama nanti juga akan disusun rencana dan target kerja jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dengan goal kemajuan serta kesejahteraan Malang Raya, “tutur Edi Murtono, Pj. Sekkota Batu.

Poin yang sama juga ditegaskan Abdul Kodir, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Malang, sinergi menjadi hal penting. Karena tidak menutup kemungkinan permasalahan satu daerah tidak dapat diselesaikan sendiri oleh daerah tersebut. Perlu ditopang oleh daerah sekitarnya. ” Ini pula yang menjadi target dari forum ini, yang satu diantaranya melakukan inventarisasi permasalahan prioritas untuk dicarikan solusi secara bersama dengan semangat maju bersama,” Imbuh Abdul Kodir.

“Banyak garapan yang bisa dilakukan bersama. Seperti bidang pariwisata, pengolahan sampah, pengembangan kawasan produktif bersama, dan sektor sektor lainnya. Yang pasti momentum ini akan kami kawal bersama, agar Malang Raya tidak hanya berhenti pada tataran konsep, namun benar benar teraktualisasikan”. Tegas Sekkota Wasto yang selalu getol menggelorakan salam satu jiwa Arema.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu.

Leave a Reply