9.585 Peserta UMPN Polinema Ikuti Ujian, Rebut 1.147 Kursi

Direktur Polinema Awan Setiawan pantau peserta ujian

POLITIKA MALANG – 9.583 peserta Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) hari ini Sabtu (22/06/2019) ikuti ujian tulis rebutkan 1.147 kursi.

UMPN di Polinema hari ini terbagi menjadi dua kelompok bidang yaitu bidang Rekayasa yang akan dilaksanakan sejak 08.30 WIB-11.00 WIB, sementara bidang Tata Niaga dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIB-15.00 WIB.

Dari data yang masuk di humas Polinema tercatat
D3 Tambang pendaftar 109 sedangkan yang mengikuti ujian 99 peserta.

Sementara D4 Bhs Inggris
Jumlah peminat 230 namun yang mengikuti ujian hari ini sebanyak 188 peserta.

Guna memantau pelaksanaan ujian serta melihat kesiapan panitia,
Direktur Polinema Awan Setiawan bersama Wakil Direktur Polinema langsung melakukan pemantauan pelaksanaan ujian di beberapa lokasi pelaksanaan seperti di Graha Polinema dan gedung Teknik Sipil.

“Jumlah peserta yang mengikuti ujian masuk Polinema lewat jalur UMPN hari ini totalnya mencapai 9.583 dengan pagu 1.147 kursi. Dari bidang Rekayasa sebanyak 6.171 peserta dan bidang Tata Niaga sebanyak 3.412,” ujar direktur Polinema Awan Setiawan usai melakukan pemantauan pelaksanaan UMPN kepada Wartawan.

Menurut Awan Setiawan, jumlah peserta UMPN Polinema tersebut naik sekitar 400 pendaftar dari pendaftar UMPN Polinema di tahun lalu.

“Naik sedikit jika dibandingkan tahun lalu pendaftarnya, tetapi jika berbicara Peminatnya sudah mencapai lebih dari 12 ribu,” ungkap Direktur Polinema.

Selain melakukan pemantauan pelaksanaan Ujian Masuk Politeknik Negeri di Polinema, Awan Setiawanjuga memperhatikan fasilitas lokasi ujian di ruang-ruang yang digunakan untuk UMPN agar para peserta tetap merasa nyaman saat mengikuti ujian.

Perlu diketahui, pelaksanaan UMPN di Polinema untuk bidang rekayasa pagi hari tadi menggunakan 306 ruangan dimana 1 ruangan terisi oleh 25 orang peserta ujian.

“Setelah ujian jalur UMPN ini selesai dan diumumkan pada 27 Juni 2019 mendatang, Polinema juga akan melaksanakan ujian jalur Mandiri yang dibuka pendaftarannya per 1 Juli–25 juli dan baru dilaksanakan tes pada 27 Juli 2019,” ujar Awan Setiawan.

Meskipun pagu jalur Mandiri di Polinema hanya 960 kursi atau 30 persen dari keseluruhan kuota mahasiswa baru Polinema, namun Direktur Polinema yakin jumlah kursi jalur Mandiri yang bisa diterima akan bisa meningkat untuk mengisi pagu jalur PMDK ataupun jalur UMPN yang kosong.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply