Abdul Hakim Tekankan Pentingnya Implementasi Nilai-nilai Pancasila

PolitikaMalang – Pemahaman akan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus digelorakan kepada segenap masyarakat.

Apalagi dalam daerah yang multietnis atau sebagaian kalangan menyebut miniatur Indonesia seperti Kota Malang itu, pengejawantahan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam lima sila itu wajib diaplikasikan. Tujuannya adalah mempererat rasa persatuan dan kesatuan serta mencegah perpecahan.

“Ideologi Pancasila hasil pemikiran Bung Karno ini adalah warisan bangsa Indonesia dan harus kita tanamkan nilai-nilainya dalam kehidupan,” kata Ketua DPRD Kota Malang, Abdul Hakim usai acara Sosialisasi Empat Pilar yang di gelar di Gedung DPRD pada Sabtu (2/12).

Abdul Hakim menegaskan berkembangnya ideologi yang tidak sesuai atau bertentangan dengan Pancasila harus disikapi dengan tegas. Kemungkinan itu cukup besar di Kota Malang yang memiliki puluhan perguruan tinggi dengan latar belakang mahasiswa yang berbeda dari seantero nusantara.

“Kemarin ada muncul oknum-oknum yang mencoba untuk anti Pancasila, hal itu harus kita sikapi dengan tegas,” ungkapnya.

Ia menjelaskan upaya DPRD Kota Malang memfasilitasi sosialisasi empat pilar yang didalamnya berbicara tentang Pancasila adalah wujud nyata peran legislatif dalam hal tersebut. “Dalam kegiatan itu dihadiri oleh para guru, camat, lurah, yang merupakan tokoh masyarakat sehingga kabar baik ini bisa ditularkan kepada warga,” tuturnya.

Sementara itu salah satu narasumber sosialisasi empat pilar, Prof. Hariyono mengatakan saat ini perlu dilakukan penguatan karakter bangsa Indonesia melalui pemahaman kembali akan nilai-nilai Pancasila.

“Masyarakat harus dipahamkan kembali bagaimana nilai-nilai Pancasila,” tandasnya.

Baca Juga :   Collage With Boulevard To help Blindness Cure

Leave a Reply