Abdurahman Saleh Jadi Bandara Internasional, Ini Kata Pakde Karwo

 

POLITIKAMALANG – Gubernur Jawa Timur, H. Soekarwo, mendorong dan mendesak kementerian Perhubungan RI untuk meningkatkan status Bandara Abdurahman Saleh Malang dan Bandara Banyuwangi menjadi bandara internasional.

Menurut Gubernur Jatim ini, Perjalanan darat lebih dari 2 (jam) sudah jadi pertimbangan tersendiri bagi turis mancanegara untuk berkunjung ke destinasi wisata. Maka perjalanan Surabaya Malang yang kini bisa lebih dari 3 (tiga) jam menjadi kurang produktif untuk perspektif pengembangan wisata dan menggaet strategi pasar tourism.

“Oleh karenanya saya sudah mengusulkan ke Presiden, dan sudah dapat lampu hijau, pun juga ke KSAU juga OK, termasuk kajian dari dirjen perhubungan udara Kemenhub juga positif karena runway Bandara Abdurahman Saleh sudah lebih 2500 meter dan sudah memiliki sistem untuk pengendalian penerbangan malam hari. Tinggal (ditangan) Menteri Perhubungan (untuk menyetujui), “ujar PakDe Karwo.

Hal ini disampaikan Pakde Karwo pada saat membuka acara “Collaborative Destination Development” yang digelar PT. angkasa Pura di hall hotel JW. Mariot Surabaya (14/5/18).

“Saya rasa tidak bisa untuk menggaet target kunjungan 1 juta wisata luar negeri di Jatim pada tahun 2025 hanya ditumpukan pada bandara Juanda. Angkasa Pura sebagai bagian dari kementerian perhubungan saya minta juga ikut mendorong kemajuan, peningkatan peran dan status bandara daerah, “pesan PakDe Karwo.

Ditegaskan suami Hj. Nina Karwo ini, tidak perlu menunggu 2025, begitu Kemenhub memberi restu, maka target kunjungan wisata ke Jawa Timur akan melonjak drastis.

Sementara itu, Optimisme yang sama juga ditegaskan Wahid Wahyudi, Pjs. Walikota Malang.

“Kalau melihat data kunjungan wisatawan ke kota Malang yang terus naik dari tahun ke tahun, maka saya optimisme peningkatan sektor wisata bagi pilar perekonomian. Tahun 2016 kunjungan wisatawan ke kota Malang sebanyak 3.996.609 wisatawan, dengan rincian 3.987.074 wisatawan nusantara dan 9.535 wisatawan mancanegara. Tahun 2017 naik menjadi 4.914.910 wisatawan, meliputi 4.902.946 wisatawan nusantara dan 11.934 wisatawan mancanegara, “info Wahid Wahyudi, yang juga menjabat Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Wahyuni, yang ikut mendampingi Pjs. Walikota Malang, menambahkan, info untuk tahun 2018 kota Malang menargetkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara sebanyak 4,2 juta wisatawan dan untuk wisatawan mancanegara sebanyak 15.000 wisatawan.

 

Leave a Reply