Ajak Semua Parpol Bergabung, Sanusi Berharap Jadi Calon Tunggal di Pilbup Malang

PolitikaMalang – Jelang Pilbup Malang 2020, Bupati Malang petahana, HM Sanusi melemparkan wacana yang tak biasa. Seperti dikutip dari Tribun, Sanusi berharap bisa menggandeng semua partai politik untuk berkoalisi. Menurutnya, komunikasi politik yang terjalin apik bisa berdampak positif terhadap Kabupaten Malang.

“Ya kalau itu bisa, semua partai bergabung itu lebih bagus untuk bangun kabupaten Malang,” ungkapnya (3/1/2019).

Sanusi berharap, jika pada akhirnya Pilbup Malang 2020 hanya akan memunculkan calon pasangan tunggal.

“Kalau bisa seperti Blitar, Kabupaten Pasuruan calonnya tunggal kan itu lebih bagus. Daripada rame-rame, kan Kabupaten Malang ini milik kita bersama,” ujar politisi PKB itu.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Malang itu juga turut berkomentar ketika ditanya tentang perkembangan komunikasi politik dengan partai lainnya. Ia berharap bisa berkoalisi dengan PDIP namun tetap sebagai N1 atau calon bupatinya.

“Ya kalau digaung siapa yang akan mengalah? Ya kan bupatinya sekarang saya haha. Masak mau diturunkan jadi wakil,” tambahnya.

Sementara itu, ketua DPC PDIP Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto ketika ditanya soal kemungkinan berkoalisi dengan PKB, ia enggan berspekulasi lebih jauh. Menurutnya, partainya saat ini juga punya stok kader yang layak dicalonkan.

“Tapi, bisa juga kami berdiri sendiri alias​ ada calon yang maju​ dari kader partai.​ Ya politik itu​ kan dinamis dan bisa berubah setiap saat,” ungkap Didik.

Sperti diketahui, sejauh ini internal DPC ​ PDIP Kabupaten Malang sudah menyatakan dukungannya​ terhadap sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari dalam kontestasi Pilbup Malang 2020.

Didik menerangkan, putusan antara memilih maju sendiri atau berkoalisi dengan PKB, akan diumumkan sekitar dua pekan lagi.

“Kabar yang saya dengar, DPP PDIP bakal mengumumkannya pada 12 Januari saat ulang tahun partai dan kami menghormati itu dan lurus kenceng dengan keputusan itu,” pungkasnya.

Sekedar informasi, dalam sejarah pilkada langsung di Kabupaten Malang, belum pernah terjadi ada koalisi dari semua partai politik untuk mengusung calon tunggal. Jika hal ini terjadi di pilbup Malang 2020, maka akan menjadi sejarah baru dalam dunia perpolitikan Kabupaten Malang.

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

Leave a Reply