Akhir Agustus, Inisiator Kampung 3G Terima Kalpataru dari Presiden

PolitikaMalang – Ucapan selamat, apresiasi positif terus disampaikan atas berhasilnya sang inisiator Kampung Glintung Go Green (3G) Bambang Irianto, karena mendapatkan penghargaan Kalpataru tahun 2018 untuk kategori Pembina Lingkungan.

Penyerahan Penghargaan Kalpataru kategori Pembina Lingkungan ini akan diserahkan langsung Oleh Presiden RI Joko Widodo di Kota Bitung Sulawesi Utara tanggal 30 Agustus mendatang .

Keberhasilan Ir Bambang Irianto dalam mentransformasi rw 23 kelurahan Purwantoro dari kampung yang kumuh dan kehidupan sosial yang jauh dari kata makmur, tingkat kriminalitasnya tinggi, menjadi kampung yang penuh dengan prestasi, pantaslah jika pemerintah mengapresiasinya dengan penghargaan tertinggi Kalpataru.

Sebenarnya menerima Kalpataru ini bukan tujuan maupun cita cita Bambang Irianto , namun semua itu tak lepas dari tekat Ketua RW 23 Glintung Go Green untuk merubah mindset warganya sehingga banyak mendapatkan prestasi baik di tingkat Nasional hingga prestasi Dunia.

“Saya sangat berterimakasih kepada pemerintah yang telah memberi penghargaan tertinggi berupa Kalpataru. Demikian juga Pemerintah Kota Malang yang telah mengusulkan dari awal untuk meraih penghargaan Kalpataru,’’ ujar Ir Bambang Irianto kepada Politikamalang.

Bambang Irianto juga tak lupa berterima kasih kepada pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dari Provinsi Jawa timur inilah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia akhirnya melakukan verifikasi arsip-arsip penilaian langsung turun ke lapangan untuk menilainya sehingga Inisiator Kmpung 3G itu layak mendapatkan Kalpataru. Meski Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak punya dana untuk memberangkatkan penerima kalpataru menuju Kota Bitung Sulawesi Utara.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memerintahkan gubernur Jawa Timur agar provinsi mefasilitasi bagi penerima Kalpataru dan pendampingnya . Ironisnya, ternyata Pemprov Jatim juga tidak punya dana dan meminta walikota Malang memfasilitasi akomodasi ke Kota Bitung.

Baca Juga :   Mutasi Besar Diawal Tahun, Sutiaji Lantik 31 Pejabat di Pemkot Malang

Melalui sekertaris DLH kota Malang Dra. Lilis menyampaikan, bahwa Pemkot Malang Melalui Dinas Lingkungan Hidup akan memberangkatkan hanya untuk penerima kalpataru saja. Itupun harus sesuai dengan waktu yang dijadwalkan bersama pendamping dari DLH.

Menanggapi hal terkait tidak siapnya Panitia Kementrian Lingkungan Hidup, Bambang Ir merespon santai.

“Saya ndak mungkin berangkat sendiri tanpa pendamping. Tidak dibiayai pun, kami tetap berangkat bersama lima tokoh yang selama lima tahun ikut membantu Gintung go Green,’’ pungkasnya.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu.

Leave a Reply